Komit Pakai Atlet Lokal, Basket 3x3 Riau Yakin Lolos ke PON Papua Tahun Depan

Perbasi Riau yakin tim basket 3x3 Riau baik putra dan putri lolos ke PON Papua, meski bermaterikan pemain lokal.

Komit Pakai Atlet Lokal, Basket 3x3 Riau Yakin Lolos ke PON Papua Tahun Depan
Rino
Perbasi Riau komit menggunakan atlet lokal untuk kategori 3x3 yang akan tampil di kejurnas Pra PON di Jakarta Bulan Agustus mendatang 

tribunpekanbaru.com - Cabor basket Riau sejak awal mengharamkan memakai atlet impor dari daerah lain, dalam menghadapi Kejurnas Basket 3x3. Kejurnas ini sekaligus menjadi ajang Pra PON yang digelar di Jakarta, 17-18 Agustus mendatang.

Jajaran pengurus dan pelatih memastikan hanya akan memboyong atlet lokal Riau ke ajang ini.

"Seleksi kemarin kita memanggil semua atlet lokal Riau. Tentu hasilnya demikian. Meski lokal, kemampuan mereka sudah nasional," kata Ketua Harian Perbasi Riau, Hendry SE, Selasa (9/7) kepada Tribun.

Keputusan hanya menggunakan atlet lokal, merupakan komitmen untuk meningkatkan pembinaan atlet Riau. Sehingga mereka bisa bersaing di level nasional dan internasional.

Pembinaan yang dilakukan tetap dengan memperbanyak jam terbang para atlet. Termasuk memperbanyak uji coba atas kemampuan mereka selama ini. "Atlet-atlet kita sebagian sering ikut kompetisi di Pulau Jawa. Terutama untuk atlet putra," tuturnya.

Meski tanpa TC dalam menghadapi Kejurnas Pra PON ini, jajaran pelatih tetap menjalankan program yang sudah ada, yakni latihan empat kali dalam seminggu. Saat ini, untuk tim putra latihan di Jakarta, sementara tim putri latihan di Pekanbaru.

"Kita kan hanya ikut kategori 3x3 putra-putri aja. Sedangkan kategori 5x5 kita tidak kirimkan atletnya. Alasannya sudah kita terangkan dari awal," paparnya lagi.

Tim pelatih sudah menetapkan 6 atlet inti untuk tim 3x3, berikut dua ofisial yang akan dikirim ke Pra PON nanti.

Peluang Riau di kategori 3x3 ini dinilai sangat terbuka untuk bisa mendapatkan tiket ke PON di Papua tahun depan. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved