Dumai

BREAKING NEWS 39 KG Ganja Kering yang Akan Diselundupkan Dari Dumai Menuju Malaysia Digagalkan

rencana penyelundupan barang haram itu akan dilakulan dari arah Bagan Besar menuju Mundam dengan menumpangi angkutan umum.

BREAKING NEWS 39 KG Ganja Kering yang Akan Diselundupkan Dari Dumai Menuju Malaysia Digagalkan
Tribunpekanbaru.com/Syahrul Ramadhan
(Dari kiri ke kanan) Kasi Pidum Dumai Yunius Zega, Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan dan Ka KPPBC Dumai Fuad Fauzi bersama undangan tengah menunjukkan tangkapan daun ganja kering seberat 39 kilo saat rilis media di kantor KPPBC Dumai. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Aksi penyelundupan narkotika dalam jumlah besar kembali terjadi di Kota Dumai.

Kali ini, usaha tiga pelaku wanita berinisial KS, SL dan seorang pria berinisial AR digagalkan oleh Kantor Pengawas dan Penindakan Bea Cukai (KPPBC) Dumai pada Selasa (9/7) lalu sekitar pukul 18.00 sore.

Narkotika jenis ganja seberat 39 kilogram itu berhasil diamankan KPPBC Dumai tanpa ada perlawanan sedikitpun dari para pelaku.

Kepala KPPBC Dumai Fuad Fauzi saat rilis media pada Rabu (10/7) mengatakan, penangkapan berawal dari informasi masyarakat akan adanya transaksi besar narkotika jenis herbal tersebut.

Berdasarkan informasi tersebut, rencana penyelundupan barang haram itu akan dilakulan dari arah Bagan Besar menuju Mundam dengan menumpangi angkutan umum.

Baca: Dumai Operasi Yustisi, Petugas Gabungan Razia di Jalan Sampai Periksa Wisma dan Kos-kosan

"Akhirnya, keberadaan pelaku tersebut berhasil kita lacak dan tim di lapangan melakukan pengintaian secara terpadu di lokasi kejadian di daerah Mundam," kata Fuad.

"Begitu sosok pelaku yang diidentifikasi melalui ciri-ciri dari informasi masyarakat dicocokkan, para pelaku langsung diringkus," tambahnya kemudian.

Dilanjutkannya, KPPBC Dumai melakukan penangkapan dengan cara menghentikan laju kendaraan umum yang ditumpangi pelaku.

Saat digeledah, didalamnya terdapat dua karton berisi buah rambutan. Setelah dibongkar, ternyata didalamnya terdapat 38 bungkus narkotika jenis daun ganja kering yang dibungkus dengan rapi.

Baca: Tiga Pemilik Senjata Api Rakitan Laras Panjang di Dumai Dijerat UU Darurat

Baca: Tak Jelas Pembayaran Upah Angkut ke Pekanbaru, F Akhirnya Nekat Jualan Sabu di Dumai

"Awalnya, saat dilakulan pemeriksaan tersebut, seorang pelaku berinisial KS yang berindak sebagai pengendara berusaha kabur, namun sempat dihentikan petugas hingga tidak berkutik," paparnya.

Diduga, narkotika berasal dari Aceh senilai Rp. 200 juta itu akan dikirim ke Malaysia dengan melalui jalur transportasi air di Kota Dumai.

Saat ini, masing-masing pelaku sudah diamankan dan diserahkan ke Mapolres Dumai untuk ditindaklanjuti sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Masing-masing pelaku dan barang bukti sudah kita serahkan ke Polres Dumai untuk diproses secara hukum untuk selanjutnya," tandasnya. (Tribunpekanbaru.com/Syahrul Ramadhan)

Penulis: Syahrul
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved