Video:Lomba Cipta Menu di Kabupaten Rohul Riau

Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan AmanTingkat Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2019 Resmi dibuka Bupati Rohul, H. Sukiman

Video:Lomba Cipta Menu di Kabupaten Rohul Riau

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2019 Resmi dibuka Bupati Rohul,  H. Sukiman, pada  Selasa (9/7/2019), Gedung Dharma Wanita Permaisuri Pasirpangaraian.

‎Pada acara tersebut, Bupati Rohul, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rohul, ‎ Hj. Peni Herawati.

Lomba Cipta Menu yang diprakarsai Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Rohul, ini dihadiri sejumlah Kepala Dinas dan Badan, termasuk Kepala DKPP Rokan Hulu Ir. H. Sri Hardono MM,‎ Camat dari 16 kecamatan, dan perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Riau.

Berdasarkan pengumuman dari tim juri melibatkan juri dari Chef Hotel, Dinkes Rohul, DKP Provinsi Riau, inovasi peserta dinilai sangat baik. Dari sisi rasa juga dinilai enak dan enak sekali, dan sudah bernilai bisnis‎ dan dipasarkan.

Baca: Kick Off Pukul 13.30 WIB, Siaran Langsung Liga 1 Persipura vs Badak Lampung LIVE OChannel (VIDEO)

Baca: MENGUAK Kasus Aktor FTV Digerebek dengan Selebgram di Kamar Hotel

Baca: Geruduk Rumah Istri Polisi, Warga di Meranti Riau: Halau Saja dari Kampung, Jika Perlu Dites Urine

Pada pengumuman, tim juri memutuskan keluar sebagai Juara 1 (satu) yaitu Tim Penggerak PKK Kecamatan Rambah Samo, disusul ‎Juara II Tim Penggerak PKK Kecamatan Rambah Hilir, dan Juara III Tim Penggerak PKK Kecamatan Ujung Batu.

Sedangkan untuk juara Harapan pertama dan Harapan kedua diraih oleh Tim Penggerak PKK ‎Kecamatan Rambah dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Kabun.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Rohul, Sukiman mengungkapkan,  masyarakat Rohul,  harus bersyukur, sebab daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk dikarunia oleh Allah SWT sumber daya alam (SDA) yang sangat kaya, sebab semua jenis tanaman ada, termasuk potensi pariwisata banyak, dan lain sebagainya.

Ia menambahakan, adanya momentum lomba cipta menu, tentunya banyak SDA bahan lokal yang bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu PKK dari 16 kecamatan, tergantung bagaimana mengolah dan pemanfaatannya.

Baca: Video: Saksikan di Sini Live Streaming Borneo FC vs PSIS Semarang

Baca: Gagal SBMPTN 2019? Kamu Masih Bisa Daftar di PTS, Simak 8 Tips Agar Tidak Salah Memilih Kampus

Baca: ZODIAK Hari Ini Minggu (10/7/2019): Cancer Cukup Antusias, Sagitarius Siap-siap untuk Lelah Nih

"Yang kita olah yang kita buat merupakan semua usaha kita, tinggal bagaimana kita memanfaatkan dengan baik. Dan terbukti bahwa ibu-ibu (PKK) sudah pinter-pinter semua, tinggal nanti diberdayakan," katanya. 

Sukiman  mengharapkan,  ibu-ibu PKK yang memiliki kemampuan mengolah bahan pokok lokal untuk menularkannya ke masyarakat, sehingga masyarakat bisa membuat menu enak dan murah, apalagi bahan lokal telah tersedia dan mudah didapat.

"Tujuan kita adalah bagaimana masyarakat itu juga bisa membuat menu yang enak dan juga murah, sudah banyak bahannya di tempat kita tinggal mengolahnya. Nah ini perlu diberi pemahaman kepada masyarakat kita agar tentunya dapat meningkatkan gizi bagi anak-anak kita," pesannya.

Menurutnya, ibu-ibu di Kabupaten Rohul, harus tahu cara membuat menu enak, namun harus tahu juga‎ cara membuat menu bergizi, upaya meningkatkan gizi bagi anak-anak.

Bukan hanya itu saja, Sukiman, mengharapkan kepada juara pertama lomba cipta menu‎, dalam hal ini Tim Penggerak PKK Rambah Samo untuk terus belajar cara membuat menu bergizi berimbang.

"DKPP Rohul, dan  chef membantu juara agar mereka mendapatkan yang lebih baik dan mendapatkan nilai yang terbaik di Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Provinsi Riau, dan bisa mengikuti di lomba serupa di tingkat nasional," pungkasnya.

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Aan Ramdani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved