Siak

Sulap Daerah Pesisir Jadi Area Konservasi, Pegiat Lingkungan Sungai Apit Nominator Kalpataru 2019

Setiono, pegiat lingkungan di Sungai Apit, Kabupaten Siak terpilih menjadi nominator Kalpataru 2019 untuk kategori Pembina Lingkungan.

Sulap Daerah Pesisir Jadi Area Konservasi, Pegiat Lingkungan Sungai Apit Nominator Kalpataru 2019
istimewa
Bupati Siak Drs H Alfedri MSi foto bersama pegiat lingkungan Setiono (tengah) dan Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Dr Ir Bambang Supriyanto, MSc di Jakarta, Rabu (10/7/2019) malam. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Setiono, pegiat lingkungan di Sungai Apit, Kabupaten Siak terpilih menjadi nominator Kalpataru 2019 untuk kategori Pembina Lingkungan.

Ia dinilai telah aktif memperjuangkan kelestarian lingkungan sepanjang kawasan pesisir di daerahnya, Kecamatan Sungai Apit.

Penghargaan sebagai nominator Kalpataru itu sudah diterimanya Rabu (10/7/2019) malam dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Ia langsung mendapat ucapan selamat dari Bupati Siak Alfedri.

Setiono berjuang menyelamatkan kawasan pesisir di seputaran tempat tinggalnya. Pesisiran di Sungai Apit mulai rusak akibat penebangan liar.

Ia bersama rekan-rekan seperjuangannya, mengelola kelompok sadar wisata (pokdarwis) sejak 2013.

Ia juga merintis area pesisir rawan lingkungan tersebut menjadi area konservasi dan edukasi bagi pelajar, mahasiswa, dan pemerhati lingkungan.

Setiono sangat bersyukur bisa masuk nominasi Kalpataru 2019. Ia menyebut, penghargaan itu membuatnya semakin termotivasi untuk melakukan penyelamatan lingkungan di pesisiran Sungai Apit.

"Alhamdulillah bisa masuk nominasi. Ini kerja bersama dalam menjaga lingkungan dan alam di daerah pesisir," ujarnya Kamis (11/7/2019).

Sebelumnya, Setiono juga telah menerima penghargaan dari KLH sebagai pegiat Masyarakat Peduli Api (MPA).

Ia tertarik mendirikan Ekowisata Rumah Alam Bakau untuk membina dan memberikan semangat kepada masyarakat agar peduli lingkungan.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved