Berita Riau

VIDEO: Tinjau Embarkasi Haji Antara Riau, DPD RI Dukung Riau Miliki Embarkasi Haji Penuh

"Kita mengapresiasi Riau sekarang sudah memiliki Embarkasi Haji Antara, tentu kita berharap, ini bisa ditingkatkan lagi menjadi embarkasi haji penuh

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dua Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendukung rencana Pemprov Riau untuk menjadikan embarkasi haji antara Riau menjadi embarkasi haji penuh.

Kalangan DPD RI menilai, Riau sudah selayaknya memiliki embarkasi haji penuh.

Sebab jumlah jemaah calon haji setiap tahunnya mencapai 5.030 orang setiap tahun yang diberangkatkan ke tanah suci.

"Kita mengapresiasi Riau sekarang sudah memiliki Embarkasi Haji Antara, tentu kita berharap, ini bisa ditingkatkan lagi menjadi embarkasi haji penuh. Saya kita ini juga menjadi harapan seluruh masyarakat Riau," kata Ketua Komite III DPD Riau, Dedi Iskandar Batubara didamping anggota DPD RI asal Riau, Intsiawati Ayus dan anggota DPD RI lainya saat melakukan peninjauan ke Embarkasi Haji Antara Riau, Senin (8/7/2019).

"Kita mendorong dalam waktu satu hingga dua tahun kedepan embarkasi haji ini bisa penuh, kita akan bantu perjuangkan di pusat," imbuhnya.

Pihaknya berharap dukungan yang diberikan oleh DPD RI ini juga harus didukung oleh semua pihak.

Terutama yang terkait dengan persyaratan untuk bisa menjadikan embarkasi haji antara menjadi penuh.

Baca: 271 CJH Pelalawan Kloter 9 Riau 12 Juli Masuk Embarkasi, JCH Asal Meranti Dilepas Menuju Tanah Suci

Baca: Sulap Daerah Pesisir Jadi Area Konservasi, Pegiat Lingkungan Sungai Apit Nominator Kalpataru 2019

"Sesuai ketentuan dan persyaratan itu kan sudah ada variabel-variabelnya, ini lah yang harus segera disiapkan semua stake holder, terutama dari pemerintah daerah dan Kemenag Riau. Semuanya harus berkolaborasi," ujarnya.

Pihaknya optimis jika semua stake holder bisa bersama-sama memenuhi variabel syarat untuk menjadikan embarkasi haji antara menjadi embarkasi haji penuh bisa dilengkapi, maka bukan tidak mungkin dalam waktu dekat ini Riau akan segera memiliki embarkasi haji penuh.

"Misalnya dari sisi landasan di bandara apa yang kurang, kalau ketebalan landasannya yang kurang, atau lebar landasannya yang kuran itukan tinggal diajukan saja ke kementrian teknis. Kemudian untuk asrama haji kan Pemprov Riau sudah ada lahannya. Tinggal nanti komitmennya apakah perlu dibangun yang baru atau embarkasi haji antara ini yang ditingkatkan fasilitasnya," katanya.

Embarkasi haji penuh, lanjut Dedi sangat dibutuhkan oleh jemaah calon haji. Sebab dengan fasilitas embarkasi yang baik, diharapkan para jemaah calon haji yang akan berangkat ke tanah suci bisa fokus memikirkan ibadahnya. Tidak lagi memikirkan soal pelayanan dan fasilitas di embarkasi.

"Pelayanan terhadap seluruh jemaah calon haji itu bisa terlayani dengan baik. Karena orang mau berangkat hajiitu harus difasilitasi dan dilayani dengan baik, supaya mereka bisa fokus menjalankan ibadahnya," sebutnya.

Dalam kunjungan kerjanya ke Embarkasi Haji Antara Riau, DPD RI juga sempat melihat langsung JCH yang sendang melakukan pemeriksaan kesehatan di ruang kedatangan embarkasi haji. Selain itu, rombongan dari DPD RI ini juga meninjau sejumlah ruangan dan kamar para jemaah haji asal Riau. ( Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved