Bima Tak Ingin Pemain Timnas U-16 Terbebani Status Juara Bertahan di Piala AFF U-19

Pelatih timnas U-16, Bima Sakti, mengingatkan pemainnya untuk melupakan status juara bertahan sebelum tampil di Piala AFF U-16 tahun ini di Thailand.

Bima Tak Ingin Pemain Timnas U-16 Terbebani Status Juara Bertahan di Piala AFF U-19
tribunnews
Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, tak mau membebani pemainnya dengan target juara, karena Indonesia akan tampil di Piala AFF U-16 tahun dengan dengan status juara bertahan. 

tribunpekanbaru.com - Pelatih tim nasional (timnas) U-16, Bima Sakti, enggan membebankan target juara kepada anak asuhnya dalam gelaran Piala AFF U-16, yang akan digelar mulai 27 Juli mendatang di Chonburi, Thailand.

Indonesia U-16 merupakan juara bertahan setelah menjuari edisi terakhir turnamen ini pada 2018 lalu, setelah mengalahkan Thailand di partai final. Ketika itu, Indonesia U-16 masih dilatih Fakhri Husaini.

"Semua pasti menginginkan kita juara dan ini kita sebagai juara bertahan, mempertahankan itu lebih berat daripada merebut. Tapi saya tidak membebankan kepada pemain, saya memberikan motivasi kepada mereka, lakukan yang terbaik setiap pertandingan," kata Bima dikutip goal.

"Kita tidak usah pikir mau juara, yang penting kita harus selangkah demi selangkah. Pertama melawan vietnam kami harus fokus dan bisa memaksimalkan di laga awal karena ini sulit. Kemudian melawan Singapura untuk lebih fokus dan fokus lagi," lanjut Bima.

Sebanyak 25 pemain kini mengikuti pemusatan latihan yang dilaksanakan di Bogor. Bima mengaku akan mencoret dua pemain sebelum membawa timnya berangkat ke Thailand.

Guna melihat perkembangan tim, mantan pelatih Persiba Balikpapan itu mengatakan telah mengatur dua jadwal uji coba melawan tim lokal dan tim Liga 1 U-16. Dua pertandingan itu akan menjadi uji coba terakhir timnas U-16 sebelum tampil di Piala AFF U-16.

"Kami ambil keputusan di minggu kedua untuk pencoretan pemain, karena ini tujuannya untuk memperlancar sesi latihan. Itu supaya jika ada pemain yang cedera, langsung ada yang menggantikan," jelas mantan kapten timnas Indonesia tersebut. (rin)

Penulis: rinaldi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved