Dosen dan Mahasiswa KKN Unri Latih Warga Limbungan Budi Daya Cacing Sutera

Tim Pengabdian kepada Masyarakat beserta mahasiswa KKN Unri sudah memanen hasil pelatihan budi daya cacing pita bagi warga Kelurahan Limbungan.

Dosen dan Mahasiswa KKN Unri Latih Warga Limbungan Budi Daya Cacing Sutera
Foto/Istimewa
CACING - Ketua Penyuluh dan Petani ikan sudah memulai budidaya cacing sutera (Tubifex sp.) sebagai tindaklanjut penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan dosen dan mahasiswa KKN Universitas Riau beberapa waktu lalu. Budi daya mereka lakukan dengan menggunakan wadah rongsokan atau barang bekas. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tim Pengabdian kepada Masyarakat beserta mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terintegrasi Universitas Riau (Unri) memanen cacing sutera (Tubifex sp.) di lokasi budidaya Ryan Farm RT 04 RW 09 Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru, Jumat (12/7/2019).

Panen itu dilakukan setelah tim yang diketuai Ir. Nuraini MS tersebut menggelar sosialisasi dan pelatihan budidaya cacing sutera akhir Juni lalu.

Menurut Nuraini, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat pembenih ikan tentang budidaya cacing sutera.

Di mana selama ini cacing sutera mereka peroleh di parit-parit. Sehingga keberadaannya tidak dapat dipastikan dan tergantung kondisi lingkungan.

Padahal, cacing sutera merupakan pakan alami yang mengadung nutrisi tinggi untuk pertumbuhan ikan dan bernilai ekonomis.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat dapat menjamin ketersediaan cacing sutra.

Sehingga ekonomi masyarakat diharap meningkat.

Dijelaskan dia, cacing sutera itu dapat dipanen setelah pemeliharaan lebih kurang 55 hari.

Namun jika memungkinkan, dapat dipanen setiap bulan.

Sebelumnya, pelatihan itu tidak hanya dihadiri Nuraini dan mahasiswa.

Halaman
12
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved