Gratis, Jadi Jangan Takut Urus Kartu Identas Anak (KIA) di Dumai

Sejak dua tahun terakhir, Disdukcapil Dumai sudah menerbitkan 29 ribu KIA. Mengurus KIA ini gratis dan tidak dipungut biaya.

Gratis, Jadi Jangan Takut Urus Kartu Identas Anak (KIA) di Dumai
tribun pekanbaru
Seorang warga Kota Dumai, Vivi, menunjukkan KIA milik anaknya. Disdukcapil Dumai memgimbau para orangtua segera mengurus KIA karena program ini gratis dan tidak sulit. 

tribunpekanbaru.com - Disdukcapil Kota Dumai sudah mengeluarkan 29 ribuan Kartu Identitas Anak (KIA) sejak dua tahun belakangan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai, Suardi, Jumat (12/7). Menurutnya, program KIA merupakan pilot project perdana yang dilaksanakan di Kota Dumai.

"KIA di Riau itu baru di Kota Dumai. Berdasarkan informasi, tahun ini akan dilaksanakan pula di seluruh kabupaten/kota se-Riau," ungkapnya.

Dia menerangkan, pelaksanaan program tersebut memang belum tercapai secara keseluruhan. Namun demikian, dia optimistis pembuatan KIA akan bisa terlaksana bagi seluruh masyarakat usia anak-anak di Kota Dumai. "Sebenarnya, untuk membuat KIA tidak sulit kok. Hanya butuh akta kelahiran dan fotokopi KK," terangnya.

Bagi anak yang sudah berusia di atas lima tahun pada saat pembuatan, maka wajib difoto sebagai pelengkap kartu identitasnya. Sedangkan bagi yang masih di bawah usia lima tahun, tidak memiliki foto pada kartu identitas anak yang akan dikeluarkan.

"Program ini gratis tanpa biaya. Jadi kenapa harus takut. Mari semua orangtua di Kota Dumai agar segera mengurus KIA sebagai kelengkapan administratif anak-anaknya," ajak Suardi.

Seorang warga Kota Dumai, Vivi, mengatakan kegunaan KIA di Kota Dumai saat ini sudah mulai dapat dirasakan.

"Misalnya saja pada saat mau mendaftarkan anak ke sekolah, kita diminta untuk menunjukkan KIA. Nah, ini lumayan bisa menggantikan administrasi lainnya seperti akta dan sebagainya. Karena dengan KIA, identitas anak saya sudah terdata secara online juga," ujarnya sambil menunjukkan KIA milik anaknya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved