Berita Riau

Keberangkatan JCH Gelombang I Berakhir Besok

Jemaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam kloter 10 asal kabupaten Bengkalis menjadi rombongan terakhir yang masuk asrama haji di gelombang pertama

Keberangkatan JCH Gelombang I Berakhir Besok
istimewa
Pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pelalawan dari Masjid Ulul Azmi Kota Pangkalan Kerinci, Jumat (12/7/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jemaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam kloter 10 asal kabupaten Bengkalis menjadi rombongan terakhir yang masuk asrama haji untuk pemberangkatan gelombang pertama ini.

CJH Kloter 10 akan masuk ke asrama haji, Sabtu (13/7/2019).

"Besok untuk keberangkatan gelombang 1 sudah habis, nanti lanjut lagi untuk gelombang kedua," kata Kabid Haji Kanwil Kemenag Riau, H Erizon, Jumat (12/7/2019).

Saat ini yang JCH yang sedang berada di asrama haji adalah JCH Kloter 9 asal Pelalawan dan Kampar. Rombongan JCH Kloter 9 ini akan diterbangkan ke Arab Saudi, Sabtu (12/7/2019) pukul 10.00 WIB melalui Bandara Hang Nadim Batam.

"Besok (hari ini-red) giliran Kloter 10 JCH asal kabupaten Bengkalis akan masuk ke asrama pada pukul 09.00 WIB," ujarnya.

Setelah habis gelombang pertama sampai ke kloter 10 ini, keberangkatan JCH untuk gelombang kedua akan dimulai tanggal 21 masuk asrama.

Baca: Musim Durian Tiba, Banyak Pondok Pedagang Berdiri Berjejeran di Tepi Jalan Lintas Siak-Dayun

Baca: Abrasi Tak Masuk RPJMN, Gubernur Riau Sebut Rakyat Sudah Menjerit

Kloter 18 merupakan kloter pertama yang akan masuk ke Embarkasi Haji Antara Riau.

"Gelombang kedua akan dimulai tanggal 21 mulai masuk asrama itu untuk kloter 18. Kemudian disusul hari berikutnya adalah kloter 19, dan terakhir kloter 20 gabungan dari seluruh kabupaten kota se Provinsi Riau yang diberi nama kloter Riau Nusantara," katanya.

Erizon mengungkapkan, sejauh ini proses pemberangkatan JCH asal Riau melalui Embarkasi Haji Antara Riau berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

Termasuk soal barang bawaan yang dibawa oleh para JCH.

Petugas juga belum menemukan ada barang terlarang yang ditemukan di koper JCH Riau.

"Sampai hari ini saya belum mendapat laporan JCH kita yang membawa barang yang terlarang yang disita oleh pegawai kita. Termasuk dari pihak maskapai juga belum menemukan ada barang yang disita karena tidak layak untuk dibawa terbang," ujarnya.

Seperti diketahui, pada musim haji tahun ini sebanyak 5.359 JCH Riau yang diberangkatkan ke tanah suci.

Dari total JCH yang diberangkatkan pada musim haji tahun ini tersebut, diketahui ada 18 orang yang batal berangkat karena tidak melunasi biaya hajinya.

Sehingga total JCH yang diberangkatkan ke tanah suci tahun ini sebanyak 5.341 orang. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgio)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved