Pelabuhan Roro Dumai Segera Jadi Pelabuhan Internasional

Setelah ditinjau Staf Ahli Menhub pada Jumat (12/7), diperkirakan operasional internasional pelabuhan roro Dumai-Malaka dimulai September mendatang.

Pelabuhan Roro Dumai Segera Jadi Pelabuhan Internasional
tribun pekanbaru
Staf Ahli Menhub Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi, Umar Aris, dan Kepala KSOP Dumai Sanggap Marihot, meninjau bangunan infrastruktur pelabuhan Roro Dumai-Malaka, Jumat (12/7). Pelabuhan ini akan segera difungsikan menjadi pelabuhan laut internasional. 

tribunpekanbaru.com - Staf Ahli Menteri Perhubungan (Menhub) Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Umar Aris, berkunjung ke Dumai untuk mengevaluasi kesiapan Pelabuhan Roro Dumai-Malaysia, di Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan, Kota Dumai, Jumat (12/7).

Kunjungan tersebut disambut Kepala KSOP Dumai, Sanggam Marihot, Kepala Dishub Dumai Asnar, Kepala Dishub Provinsi Riau M Taufiq, dan sejumlah pejabat lainnya.

Umar Aris mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka evaluasi kesiapan Pelabuhan Dumai untuk menjadi jalur internasional. "Sejauh ini sudah layak. Kebetulan kita datang bersama para ahlinya di sini, ada Dirjen, Kadis, dan lain-lain," katanya.

Dia menerangkan, pembangunan pelabuhan akan fokus pada teknis operasional sehingga mendukung kinerja transportasi berskala internasional. "Hal ini akan kita laporkan kepada Menteri Perhubungan untuk tindak lanjutnya. Paling tidak, September nanti sudah beroperasi," paparnya.

Menurutnya, Pelabuhan Bandar Sri Junjungan sudah memenuhi kelayakan insfrastruktur darat dan laut untuk menjadi pelabuhan internasional. "Darat dan lautnya sudah layak. Hanya perlu penambahan pendukung dari segi Keimigrasian dan Kepabeanan saja," tambahnya.

Hanya saja, pelabuhan yang dibangun menggunakan dana APBN itu masih belum jelas menjadi milik siapa. Sejak dibangun tahun 2010 silam, belum ada serahterima pelabuhan baik kepada Pemerintah Provinsi Riau maupun kepada Pemerintah Kota Dumai.

Hal ini diakui Kepala Dishub Dumai, Asnar, yang membenarkan bahwa pelabuhan tersebut belum diserahterimakan. "Memang belum diserahterimakan bangunan infrastruktur darat ini. Kemarin kan bangunnya pakai dana APBN di atas tanah Pemko Dumai," terang Asnar.

Namun demikian, dari segi kelayakan, menurutnya Pelabuhan Roro Dumai-Malaka tersebut sudah layak dari sisi laut. "Kalau dari sisi darat belum lah. Belum layak lagi," tuturnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved