Sebabkan 659 Rumah Rarga Rusak, Fenomena Hujan Es di Aceh Tengah Masuk Kategori Bencana Kabupaten

hujan es yang terjadi di Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Minggu (7/7/2019), menyebabkan 659 rumah warga rusak.

Sebabkan 659 Rumah Rarga Rusak, Fenomena Hujan Es di Aceh Tengah Masuk Kategori Bencana Kabupaten
KOMPAS.com/ IWAN BAHAGIA SP
Suprihono (42), warga Kampung Paya Tungel, Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah saat menunjukan hujan es yang terjadi pada Minggu (7/7/2019) siang di halaman rumahnya. 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Bencana hujan es yang melanda lima kampung di Kecamatan Jagong Jeget masih kategori bencana daerah, sehingga penangannya belum sampai ditingkat provinsi. Demikian dikatakan Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Fazli, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/7/2019).

"Itu bencana tingkat kabupaten, berdasarkan laporan BPBD Aceh Tengah, bantuan sedang kita proses, kemarin Kepala Pelaksana sudah datang kemari, jadi sudah dibicarakan," jelas Fazli.

Dilanjutkan, pihaknya sudah meminta kepada BPBD setempat untuk memberikan surat pernyataan bencana, laporan bencana, serta surat permintaan bantuan terkait kebutuhan yang diminta kepada BPBA," ucapnya.

Baca: Hujan Es Landa Lima Desa di Aceh Tengah, Ratusan Rumah Warga Rusak

Setelah semua ada, maka BPBA akan memproses bantuan tersebut sesuai regulasi. Sementara untuk pengusulan tidak boleh lebih dari dua minggu.

"Informasi bencana ini sudah kita terima pada tanggal 8 lalu, karena tanggal 7 Juli kejadiannya," ungkapnya.

Mengenai bantuan yang akan diserahkan kepada BPBD Aceh Tengah yang akan disalurkan lanjut Fazli, pihaknya sudah menerima surat tersebut dan dalam waktu dekat akan diberikan untuk diserahkan kepada para korban bencana hujan es.

"Secara tersurat sudah diminta berupa seng, jumlahnya saya lupa pastinya, tetapi saat ini sedang dalam proses," tambah Fazli.

Sebabkan 659 rumah warga rusak

Seorang warga menunjukkan butiran es ditangannya, butiran tersebut sebesar ukuran kelereng atau ukuran jempol orang dewasa. Butiran es tersebut dikumpulkan setelah peristiwa hujan es terjadi pada Minggu (7/7/2019) siang.
Seorang warga menunjukkan butiran es ditangannya, butiran tersebut sebesar ukuran kelereng atau ukuran jempol orang dewasa. Butiran es tersebut dikumpulkan setelah peristiwa hujan es terjadi pada Minggu (7/7/2019) siang. (KOMPAS.com/ IWAN BAHAGIA SP)

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan es yang terjadi di Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Minggu (7/7/2019), menyebabkan 659 rumah warga rusak.

Dampak hujan es yang melanda kawasan itu selama kurang lebih 10 menit menyebakan atap seng rumah warga berlubang dan tanaman, seperti kopi, cabai, dan bawang merah, rusak karena jatuhnya hujan es yang rata-rata bulat sebesar kelereng.

Halaman
1234
Editor: CandraDani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved