Ibadah Haji 2019

Banyak Lanjut Usia JCH Kloter 6 Meranti, Disarankan Gunakan Alat Pelindung dan Makan Teratur

Sebanyak 232 orang Jemaah Calon Haji Kloter 6 masuk dalam kategori beresiko tinggi karena para jemaah didominasi telah berusia lanjut.

Banyak Lanjut Usia JCH Kloter 6 Meranti, Disarankan Gunakan Alat Pelindung dan Makan Teratur
Istimewa
Tim Kesehatan Haji Indonedia TKHI Tengah dr Elmi (tengah). 

Banyak Lanjut Usia JCH Kloter 6 Meranti, Disarankan Gunakan Alat Pelindung dan Makan Teratur

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Untuk menghindari resiko para jemaah terserang sakit dan hal membahayakan kesehatan lainnya Jemaah Calon Haji (JCH) disarankan untuk menggunakan alat pelindung.

Hal ini mengingat sebanyak 232 orang Jemaah Calon Haji Kloter 6 masuk dalam kategori beresiko tinggi karena para jemaah didominasi telah berusia lanjut.

Demikian disampaikan Tim Kesehatan Haji Indonedia (TKHI) Riau Kloter 6 yang mendampingi Jemaah Calon Haji Meranti, Kota Pekanbaru dan Inhu.

"Kami sebagai TKHI mengajurkan jemaah untuk selalu membawa dan menggunakan alat pelindung diri (APD) saat berada diluar pengunapan," ujar Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH menyampaikan perkataan Ketua Tim TKHI Kloter 6 dr Elmi Astrabel yang mendampingi Jemaah Calon Haji Kloter 6 Riau.

Baca: Dua JCH Pelalawan Riau Dilarikan ke Klinik Saat Tiba di Bandara Madinah, Diduga Kelelahan

Pelindung diri yang dimaksud Tim TKHI meliputi, topi/payung, kacamata, masker, semprotan air, dan alas kaki. Selain itu untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh dr. Elmi juga menyarankan makan secara secara teratur mengkonsumsi air putih.

"Makan teratur dan minum banyak air putih ini gunanya agar tubuh mendapat asupan tenaga dan cairan untuk menghindari dehidrasi apalagi di cuaca panas ekstrim," ungkapnya.

Seperti diketahui, jumlah Jemaah Calon Haji yang tergabung dalam Kloter 6 Riau berjumlah 440 orang yang terdiri dari 252 Jemaah Wanita dan 187 Jemaah Laki-Laki.

Namun begitu, meski jumlah Jemaah Calon Haji Kloter 6 yang beresiko tinggi cukup banyak berkat kedisiplinan mengikuti saran serta petunjuk dokter TKHI, diakui dr. Elmi seluruh Jemaah Kloter 6 khususnya Kepulauan Meranti yang berjumlah 90 orang berada dalam kondisi sehat dan stabil.

"Jamaah Meranti saat ini masih dalam keadaan stabil dan baik, walau pun masih ada keluhan pegal-pegal, letih dan nyeri tenggorakan akibat kelelahan dalam beribadah dan tinggi nya suhu di Madinah," ungkapnya.

Baca: Beginilah Kondisi Terkini Agung Hercules saat Dijenguk Ade Rai di Kediamannya

Sekedar informasi, memasuki hari Ke-5 aktifitas Jemaah Calon Haji Meranti dilanjutkan dengan mengunjungi Jabal Magnet, perkebunan Qurma dan pusat pencetakan Al-Quran di Kota Madinah.

Di tempat itu para Jemaah Calin Haji diberikan cenderamata oleh perusahaan berupa Al-Quran. (Tribunpekanbaru.com/Teddy Tarigan).

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved