Kampar

Negara Dirugikan Rp 300 Juta, Dugaan Pencucian Uang, Anggota Dewan Kampar Ditangkap di Jakarta

Seorang legislator yang merupakan anggota DPRD Kampar dari Fraksi Demokrat berinisial S alias AS ditahan anggota Polres Kampar di Atrium Senen Jakarta

Negara Dirugikan Rp 300 Juta, Dugaan Pencucian Uang, Anggota Dewan Kampar Ditangkap di Jakarta
ist
ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Seorang legislator yang merupakan anggota DPRD Kampar dari Fraksi Demokrat berinisial S alias AS ditahan anggota Polres Kampar, Jumat (12/7/2019) lalu di Jakarta.

Kasatreskrim Polres Kampar AKP Fajri menjelaskan, penahanan dilakukan karena yang bersangkutan tidak menanggapi dua kali panggilan yang dilakukan Satreskrim Polres Kampar.
Penangkapan dilakukan di Plaza Atrium Senen Jakarta Pusat.

Legislator ini diduga terlibat tindak pidana korupsi pada paket pencucian Dana Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar tahun anggaran 2012.

Pada proyek tersebut dikabarkan legislator tersebut memberikan fee atas pengalihan lelang dengan nilai Rp 755 juta untuk proyek pencucian Dana Desa Gema dari Dinas Bina Marga dan Pengairan Kampar.

Akibat dari perbuatan tersangka tersebut ditaksir negara dirugikan sebesar Rp 300 juta lebih sesuai dengan laporan hasil audit Nomor : SR-141/PW04/5/2016 tanggal 28 April 2016 dari BPKP Perwakilan Provinsi Riau.

Kasus tersebut sebrenarnya sempat dilakukan persidangan di Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri Pekanbaru 2017 lalu.

Dua tersangka telah dijatuhi vonis tersebut, yaitu Panitia Pelaksana Kegiatan (PPK) di Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Kampar bernama Fera Siswandi dan kontraktor yang menang lelang yakni Endang Surya.

Kedua terpidana tersebut divonis hukuman penjara satu tahun dan denda Rp 50 juta waktu itu.
Dalam persidangan perkara tersebut di 2017 lalu status legislator tersebut hanya sebagai saksi.

Ketua DPC Demokrat Kampar, Rahmad Jevary Juniardo mengatakan, bakal mengunjungi kadernya yang ditahan di Mapolres Kampar tersebut besok, Senin (15/7/2019).

Pria yang akrab disapa Ardo ini menambahkan, kunjungan ke Mapolres Kampar untuk meluruskan kabar yang ada.

Halaman
12
Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved