Petani di Rokan Hilir Sukses Bertanam Cabai di di Tanah Gambut

Lahan gambut dulunya dikenal sulit dikembangkan sebagai lahan pertanian. Kini, tanaman holtikultura itjustru lebih menjanjikan daripada sawit.

Petani di Rokan Hilir Sukses Bertanam Cabai di di Tanah Gambut
foto/isitmewa
Kepala BRG Nazir Foead bersama jajaran Pemkab Rohil dan petani saat panen cabai di lahan gambut di Dusun Mulia, Rohil, Rabu (10/7/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Lahan gambut dulunya dikenal sulit dikembangkan sebagai lahan pertanian.

Kini, tanaman holtikultura justru lebih menjanjikan daripada sawit ataupun tanaman lainnya di lahan gambut.

Petani sawit di Dusun Mulia, Simpang Bandung, Kepenghuluan Sei Segajah, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rohil, mengeluhkan tentang harga sawit yang saat ini berada dititik terendahnya.

Kata mereka, harga buah tanaman dengan pokok berduri ini, tak lagi bisa terlalu diharapkan untuk memberikan pemasukan ekonomi. Harga sawit bahkan menyentuh angka Rp 400 per kg.

Padahal rata-rata dari mereka, sejak mendiami daerah itu mulai dari tahun 1990-an sampai 2000-an, sudah mulai membuka lahan gambut untuk ditanami sawit.

Masyarakat setempat akhirnya memutar otak, mencari cara bagaimana agar lahan gambut mereka tetap bisa menghasilkan.

Hingga akhirnya, mereka memutuskan untuk mencoba menanami lahan mereka dengan tanaman cabai merah dan rawit. Ada juga beberapa yang ditanami tomat.

Awalnya mereka sempat ragu, bagaimana bisa tanah gambut hasil dekomposisi tidak sempurna dari vegetasi pepohonan yang tergenang air, hingga menyebabkan kondisinya anaerobik ini, bisa lebih produktif.

Namun siapa sangka, sejak menerapkan inovasi pengolahan lahan gambut dengan ditanami tanaman holtikultura, kini mereka punya asa baru perekonomian selain sawit.

Sudarmono, selaku Kepala Dusun Mulia, Simpang Bandung menjelaskan, lahan sawit masyarakat di daerahnya, sudah sejak Mei 2019 ditanami cabai merah.

Halaman
123
Penulis: Rizky Armanda
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved