Berita Riau

Ribuan Peserta dari Pulau Sumatera Meriahkan Lomba Berburu Babi di Pekanbaru yang Ditaja Polda Riau

Tercatat setidaknya ada sekitar 5000 peserta dari berbagai Provinsi di Sumatra yang ikut ambil bagian dalam lomba ini.

Ribuan Peserta dari Pulau Sumatera Meriahkan Lomba Berburu Babi di Pekanbaru yang Ditaja Polda Riau
Istimewa
Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo menyerahkan hadiah pada pemenang lomba balap anjing dan berburu babi di alam liar, Minggu (14/7/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Masih dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73, Polda Riau menggelar lomba balap anjing dan berburu babi di alam liar, Minggu (14/7/2019).

Kegiatan dilangsungkan di ring road Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

Dengan dihadiri langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Forkopimda Riau, dan lain-lain.

Tercatat setidaknya ada sekitar 5000 peserta dari berbagai Provinsi di Sumatra yang ikut ambil bagian dalam lomba ini.

Selain Riau, ada yang dari Aceh, Sumbar, Jambi, Lampung hingga Bengkulu.

Baca: VIDEO: Sejumlah Personil Polisi Hingga Perusahaan di Pelalawan Terima Penghargaan di HUT Bhayangkara

Ada dua perlombaan yang digelar. Yakni balap anjing dengan kategori anjing ras dan lokal, memperebutkan uang tunai belasan juta Rupiah, trofi dan penghargaan. Kemudian puncaknya yakni berburu babi hutan di alam liar.

"Ini diikuti hampir 5.000 peserta, dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73. Salah satu tujuannya adalah untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat dan acara ini sudah berlangsung dua hari," kata Kapolda.

Kapolda menyatakan, antusiasme masyarakat sangat tinggi. Ke depan pihaknya berencana akan mengagendakan kembali kegiatan ini dan akan dijadikan agenda rutin tahunan.

"Respon masyarakat sangat bagus, mereka berharap tahun depan berlanjut. Ini juga positif, sekaligus menambah silaturahmi Polda Riau dan jajaran serta Forkopimda," sebutnya.

Baca: Tunjukkan Kemampuan Terbaik. Personel Lanud Rsn Sabet Berbagai Juara Menembak HUT Bhayangkara

Sementara itu, Ketua panitia yang juga sekaligus Direktur Reserse Narkoba Polda Riau Kombes Pol Suhirman menambahkan, tujuan lain dari acara berburu ini juga sekaligus untuk meminimalisir gangguan hewan babi yang sering menyatroni kebun warga setempat.

Edukasi lainnya, yakni mengajak masyarakat agar bisa bersama-sama menjaga lingkungan, apalagi Riau rawan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

"Tujuan lainnya, mengajak masyarakat secara keseluruhan untuk menghindari penyalahgunaan narkoba dengan kegiatan positif," tutur Suhirman.

Pada lomba balap anjing, pemenang untuk kategori Ras didominasi oleh peserta asal Sumatera Barat, sementara kategori anjing lokal disabet oleh peserta asal Duri dan Kota Pekanbaru.(Tribunpekanbaru. com/Rizky Armanda)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved