Pelalawan

Satu Titik di Bunut dan Satu Lagi di TNTN, Hari Ini Ada Dua Lokasi Karhutla di Pelalawan Riau

Tim darat gabungan di Rayon masing-masing sudah action dari kemarin sore. Sampai hari ini personil masih di lapangan untuk pemadaman

Satu Titik di Bunut dan Satu Lagi di TNTN, Hari Ini Ada Dua Lokasi Karhutla di Pelalawan Riau
Istimewa
Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawan ada dua titik yakni di Desa Petani Kecamatan Bunut dan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Minggu (14/7/2019). 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Hari ini, Minggu (14/7/2019), ada dua lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Kebakaran terdeteksi sejak Sabtu (13/7/2019) dan upaya pemadaman telah dilakukan.

Lokasi Karhutla pertama ada di areal Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) berdekatan dengan Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui.

Saat ini proses pemadaman sedang berlangsung oleh tim gabungan. Sedangkan satu titik lagi ada di Desa Petani Kecamatan Bunut yang juga telah ditangani petugas pemadaman.

Baca: VIDEO: Sejumlah Personil Polisi Hingga Perusahaan di Pelalawan Terima Penghargaan di HUT Bhayangkara

"Tim darat gabungan di Rayon masing-masing sudah action dari kemarin sore. Sampai hari ini personil masih di lapangan untuk pemadaman," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, kepada tribunpelalawan.com, Minggu (13/7/2019).

Dijelaskannya, lahan yang terbakar di Desa Petani Kecamatan Bunut merupakan semak belukar dan areal kosong yang merupakan tanah gambut tipis.

Personil gabungan dari TNI, Polri, tim kecamatan, masyarakat, dan perusahaan di sekitarnya.

Baca: Tujuh Orang di Antaranya Berstatus Mahasiswa, Rincian 273 Jemaah Calon Haji Pelalawan Riau Tahun Ini

Sedangkan penanganan di areal TNTN diterjunkan tim dari Balai TNTN, Polri, dan Manggala Agni. Api diperkirakan bisa dipadamkan dalam waktu cepat lantaran lahannya merupakan tanah mineral.

"Untuk luas lahan yang terbakar belum bisa dipastikan. Yang perlu upaya pemadaman dan melokalisir api agar tidak merembet," tandasnya.

Hotspot di Provinsi Riau hari ini meningkat drastis sebanyak 38 titik yang merupakan terbanyak di Sumatera.

Baca: Bupati Pelalawan Riau Beri Isyarat Assessment Pejabat, Terbuka untuk Isi Jabatan di 33 OPD

Titik panas yang level confidence diatas 70 persen sebanyak 20 titik dan empat diantaranya ada di Pelalawan. (Tribunpelalawan.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved