Bentuk Satgas Antisipasi Karhutla, Kodim Inhil Kerahkan 95 Personel

Kodim Inhil membentuk satgas gabungan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya karhutla, menyusul mulai masuknya musim panas.

Bentuk Satgas Antisipasi Karhutla, Kodim Inhil Kerahkan 95 Personel
tribun pekanbaru
Dandim 0314/Inhil, Letkol (Inf) Andrian Siregar memberi arahan saat pembekalan pencegahan karhutla kepada Satgas Gabungan Penanggulangan Karhutla, di aula Graha Bhakti Makodim 0314/Inhil, Senin (15/7). 

tribunpekanbaru.com - Kodim 0314/Inhil memberikan Pembekalan Pencegahan Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla), kepada Satgas Gabungan Penanggulangan Karhutla di Kabupaten Inhil tahun 2019.

Pembekalan ini dilakukan di aula Graha Bhakti Makodim 0314/Inhil, Senin (15/7).

Pembekalan yang dibuka langsung Dandim 0314/Inhil, Letkol (Inf) Andrian Siregar, dilaksanakan untuk mengantisipasi Karhutla di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Andrian Siregar menuturkan, Satgas ini bersama stakeholder terkait agar melaksanakan sosialisasi kepada warga, dan memberikan penekanan Undang-undang yang akan menjerat apabila terjadi kelalaian sehingga mengakibatkan karhutla.

“Laksanakan pemadaman, pendinginan, untuk mencegah asap yang akan berdampak ke daerah lain. Dalam melaksanakan tugas sesuai dengan arahan, dan jaga nama baik TNI di masyarakat serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat,” katanya berpesan.

Satgas yang dilibatkan dari Kodim 0314/Inhil sebanyak 95 personel dan terbagi di 10 tim. Mereka akan disebar ke wilayah Koramil Kodim 0314/Inhil yang ada di 6 kecamatan, yaitu Kempas, Gas, Keritang, Pelangiran, Mandah, dan Pulau Burung.

Nantinya, Satgas ini akan bergabung dengan Pemda BPBD, tim SAR, Kepolisian, Kehutanan, BMKG, dan Tim Kesehatan dalam operasi penanggulangan karhutla dan pencegahan di wilayah Inhil.

“Apabila ada kebakaran, semua harus bahu-membahu di lahan tersebut. Dengan terbentuknya Satgas ini bisa mengurangi kebakaran lahan di Inhil. Apalagi sekarang ini wilayah Riau akan menghadapi musim kemarau, jadi sangat tepat diadakan antisipasi untuk menghindari kemungkinan yang terjadi,” katanya lagi. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved