Hemat Kertas, Pemko Dumai Akan Terapkan e-Office Buatan Diskominfo Provinsi Riau

Kota Dumai akan menjadi daerah kedua di Riau yang menjadi pilot project penggunakan aplikasi e-office ini setelah Kabupaten Kampar.

Hemat Kertas, Pemko Dumai Akan Terapkan e-Office Buatan Diskominfo Provinsi Riau
internet
Ilustrasi hemat kertas 

tribunpekanbaru.com - Pemko Dumai menyesuaikan pelayanan dengan perkembangan zaman dan teknologi. Ini ditunjukkan dengan keseriusan Pemko Dumai dalam penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) pada instansi pemerintah untuk menuju good governance, dan sedang bertransformasi menuju implementasi e-Government.

Kadiskominfo Kota Dumai, Mhd Fauzan mengatakan, tim assesment dari Diskominfo Riau akan berkunjung ke Dumai dalam rangka penerapan aplikasi e-Office. "Ini merupakan aplikasi surat menyurat yang dibuat Diskominfo Provinsi Riau. Kota Dumai jadi daerah kedua setelah Kabupaten Kampar sebagai pilot project," katanya Senin (15/7).

Disebutkan, di masa depan Pemprov dan Pemko Dumai tak lagi surat menyurat menggunakan fisik seperti kertas dan sejenisnya. "Dengan aplikasi ini, antara Bupati, Walikota, dan Gubernur tak lagi koordinasi menggunakan kertas, tapi sudah berbasis digital yang bisa diakses melalui smartphone maupun perangkat komputer," paparnya.

Dia berharap aplikasi tersebut dapat menekan penggunaan kertas sehingga lebih ramah lingkungan. "Tak menutup kemungkinan masih ada penggunaan kertas. Namun diperkirakan tidak akan sebanyak biasa," sebut Fauzan.

Saat ini Pemko Dumai sudah miliki Daya Center (DC) untuk penyimpanan arsip dan dokumen pribadi, yang nantinya akan dimaksimalkan untuk mendukung aplikasi tersebut. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved