Mahkamah Konstitusi Belum Mengeluarkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK). Ini Dampaknya

Hingga hari ini Senin (15/7/2019) Mahkamah Konstitusi (MK) belum juga mengeluarkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK).

Mahkamah Konstitusi Belum Mengeluarkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK). Ini Dampaknya
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Sidang SENGKETA Hasil Pileg 2019 di Riau Digelar di MAHKAMAH KONSTITUSI. 

Mahkamah Konstitusi Belum Mengeluarkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK). Ini Dampaknya

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hingga hari ini Senin (15/7/2019) Mahkamah Konstitusi (MK) belum juga mengeluarkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK).

Belum keluarnya Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) itu menyebabkan kabupaten kota yang tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi belum dapat menetapkan caleg terpilihnya.

Karena penetapan caleg terpilih harus berdasarkan dan merujuk pada Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Dengan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) tersebut KPU bisa mengeluarkan surat pemberitahuan berdasarkan surat BRPK dari Mahkamah Konstitusi (MK) untuk dikirim ke KPU di seluruh daerah yang tidak ada gugatan di MK.

"Belum ada juga Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) nya keluar, jadi tetap menunggu itu sebagai rujukan untuk penetapan caleg terpilih," ujar Komisioner KPU Riau divisi hukum, Firdaus kepada tribunpekanbaru.com.

Firdaus mengatakan seluruh KPU di kabupaten kota khususnya di Riau sudah memahami untuk penetapan caleg tersebut harus berdasarkan surat pemberitahuan dari KPU RI.

Sehingga sampai saat ini belum ada kabupaten dan kota di Riau yang menetapkan caleg terpilihnya.

"Sebelumnya kan sudah ada juga surat dari KPU RI pemberitahuan untuk tata cara menetapkan caleg terpilih jadi semuanya berdasarkan BRPK dari MK tersebut," jelasnya.

Baca: Kirim File Berukuran Besar Dengan Dropbox Transfer Menjadi Lebih Mudah

Baca: VIDEO LIVE STREAMING Manny Pacquiao Vs Keith Thurman Live World Boxing (Tinju Dunia) Mola TV

Baca: Amin Rais Akan Jumpai Prabowo, Bicarakan isi pertemuan Prabowo dengan Presiden Joko Widodo

Baca: Festival Pacu Jalur di Kuansing Batal Perebutkan Piala Presiden. Ini Penjelasannya

Menanggapi hal tersebut sejumlah caleg mengaku tidak ambil pusing untuk penetapan caleg terpilih.

Apalagi caleg tersebut merasa sudah tidak ada masalah Lagi Hanya tinggal menunggu waktu saja.

"Kalau memang ditunda tidak ada masalah kan nanti juga ditetapkan yang jelas kami sudah menang dan akan," Ujar Seorang Caleg terpilih di Kabupatgen Rokan Hulu (Rohul).

Tidak hanya caleg dari Rokan Hulu tersebut caleg lainnya dari kabupaten Pelalawan untuk DPRD kabupaten juga mengaku tidak ambil pusing dengan penetapan yang molor tersebut.

"Kita tunggu sajalah nanti juga akan dikeluarkan MK mungkin berbarengan dengan setelah adanya final keputusan MK nanti," ujar Caleg dari pelalawan yang minta namanya tak dipublikasi.(Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved