Siak

Pemkab Siak Riau Bakal Bangun Gelanggang Gasing Nasional

Pemkab Siak bakal membangun gelanggang olahraga gasing nasional pada 2020 mendatang.

Pemkab Siak Riau  Bakal Bangun Gelanggang Gasing Nasional
TribunPekanbaru/Dody Vladimir
Gasing 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Pemkab Siak bakal membangun gelanggang olahraga gasing nasional pada 2020 mendatang. Fasilitas olahraga gasing tersebut perlu direncanakan mengingat Siak mempunyai iven lomba gasing internasional.

"Pada iven kemarin kita sudah bicarakan sama Ketua Pesatuan Gasing Seluruh Indonesia (Pergasi) Agus MD. Beliau menyarankan kita membangun gelanggang karena kita yang mempunyai event besar terhadap permainan gasing," kata Asisten III Setdakab Siak Jamaluddin, Senin (15/7/2019).

Pembangunan fasilitas gasing tersebut juga untuk mengukuhkan bahwa Siak ikut berkontribusi mengangkat harkat martabat olahraga orang Melayu. Selain itu juga untuk meningkatkan minat negara lain dalam festival gasing internasional yang digelar setiap tahun.

Festival Gasing Internasional II Siak 2019 yang ditutup Minggu (14/7/2019) kemarin menyedot perhatian masyarakat. Apalagi Singapura ikut ambil bagian pada festival itu.

"Permainan gasing dahulunya sangat tersohor di kalangan masyarakat serantau Melayu. Namun seiring perkembangan waktu sudah jarang dimainkan oleh masyarakat, oleh sebab itu pemerintah berkeinginan mengangkat kembali permainan rakyat tradisional gasing dalam bentuk festival olahraga yang dikemas sedemikian menarik sehingga kembali dapat diminati," kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni menyebut permainan gasing tidak hanya menuntut skill tapi juga seni dari pemainannya. Karena itu, pada Festival Gasing Internasional pada 12-14 Juli 2019 diminati banyak tim. Namun dominasi tim-tim dikabupaten Siak belum berhasil digeser oleh tim gasing dari luar Siak.

Pada festival tahun ini Tim Gasing Tanjak Pusako asal Kecamatan Pusako berhasil menjadi juara 1 pada 2 kategori, yakni gasing jantung dan gasing berembang.

Kemudian disusul oleh Tim Usah Pikey asal Kecamatan Mempura dan juara III tim Formi Siak serta juara 4 tim dari Singapura. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved