Bupati Inhil Minta Camat Segera Cari Lahan untuk Relokasi Pedagang Korban Kebakaran

Pasar Sungai Salak, Kecamatan Tempuling, Inhil, terbakar pada Senin (15/7) malam. Ada 199 kios di pasar tersebut yang hangus terbakar.

Bupati Inhil Minta Camat Segera Cari Lahan untuk Relokasi Pedagang Korban Kebakaran
tribun pekanbaru
Para pedagang melihat kios mereka di Pasar Sungai Salak yang rusak berat, Selasa (16/7). Pasar ini rusak berat setelah dilanda kebakaran pada Senin (15/7) malam. 

tribunpekanbaru.com - Pedagang Pasar Sungai Salak, Kelurahan Sungai Salak, Kecamatan Tempuling, akan direlokasi ke Tempat Penampungan Sementara (TPS).

Kebakaran hebat melanda pasar tersebut pada Senin (15/7) malam lalu sekitar pukul 19.00 WIB. Ada 199 kios di dalam pasar yang rusak berat. Dari jumlah itu, 123 kios yang sehari–hari aktif berjualan, kini tidak bisa lagi menempati kios–kiosnya.

Bupati Inhil, HM Wardan yang meninjau lokasi kebakaran tersebut, langsung menginstruksikan pihak kecamatan untuk segera mencari lokasi alternatif, dengan bermusyawarah terlebih dulu bersama para pedagang.

“Kita sudah sampaikan kepada Pak Camat, 49 orang pemilik kios ini didata dengan baik. Jangan dulu manfaatkan tempat yang sekarang ini, dicarikan dulu oleh Pak Camat lokasi sementara di mana,” ujar Wardan usai meninjau kondisi Pasar Sungai Salak, Kelurahan Sungai Salak, Kecamatan Tempuling, Selasa (16/7).

Sementara itu, Camat Tempuling, Ridwan, menjelaskan, pihak kecamatan bersama 49 orang pemilik kios akan segera menggelar pertemuan untuk membahas lokasi pasar sementara, sembari menunggu proses penanganan pasar selesai dan pasar itu bisa ditempati kembali.

“Kamis nanti kita akan kumpul di kecamatan membahas hal ini, bagaimana bagusnya, kita akan rapatkan bersama–sama,” katanya.

Di dalam rapat nantinya, menurut Ridwan, akan dibahas lokasi TPS yang cocok dan bisa menampung para pedagang. Karena pada saat ini hanya ada dua lahan yang memungkinkan untuk dijadikan TPS, yaitu area parkiran di depan Gedung Pasar Sungai Salak, dan di lapangan Kantor Camat Tempuling.

“Kemungkinan lokasi TPS-nya di area parkiran depan Gedung Pasar ini. Kita bangun secara swadaya bersama para pedagang. Kita keterbatasan lahan, jadi mana yang sesuai saja,” tuturnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved