Ketua IDI Dumai, Hindari Gantung Pakaian di Kamar untuk Cegah DBD

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dumai, dr Ferianto, memberikan saran untuk mencegah penyakit DBD yang disebabkan nyamuk pembawa virus.

Ketua IDI Dumai, Hindari Gantung Pakaian di Kamar untuk Cegah DBD
internet
Ilustrasi DBD 

tribunpekanbaru.com - Secara klinis, gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) dapat dikenali dengan demam tinggi yang sering turun naik. Demam tersebut disertai nyeri pada ulu hati, dan pada hari keempat biasanya akan muncul bintik-bintik merah.

Namun jangan salah, gejala bintik-bintik tersebut tidak selalu muncul pada orang yang diindikasikan terkena DBD.

Untuk menghindari bahaya DBD, pada dasarnya masyarakat wajib menjaga pola hidup sehat. Salah satu yang paling sederhana adalah dengan tidak membiasakan menggantung pakaian dalam kamar atau ruangan di rumah. Karena hal ini dapat memancing nyamuk membangun sarang di tempat-tempat yang sebelumnya kita tidak sangka.

Langkah selanjutnya adalah memastikan selalu menguras bak mandi minimal sekali dalam seminggu.

Jika ada anggota keluarga yang terindikasi menderita DBD, agar langsung dibawa ke dokter atau fasilitas kesehatan baik klinik maupun puskesmas. Pada dasarnya, DBD merupakan penyakit bisa sembuh dengan sendirinya karena penyebabnya adalah virus.

Namun jika pasien terlambat mendapatkan tindakan medis sehingga berakibat pada terjadinya pendarahan atau kekurangan cairan, maka DBD akan berdampak sangat fatal sampai pada meninggal dunia.

Karena itu, sangat disarankan kepada pasien terindikasi DBD agar banyak mengonsumsi air minum dan istirahat total agar lekas pulih. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved