PAN Riau Tagih Komitmen Syamsuar untuk Pimpin DPW PAN Riau Setelah Terpilih Jadi Gubri

Menurut PAN Riau, komitmen itu dibuat bersama DPP PAN di Jakarta, dan jadi syarat untuk dukungan Syamsuar menjadi calon Gubri di Pilkada lalu.

PAN Riau Tagih Komitmen Syamsuar untuk Pimpin DPW PAN Riau Setelah Terpilih Jadi Gubri
Istimewa
Gubernur Riau Syamsuar saat pimpin apel beberapa waktu lalu. 

tribunpekanbaru.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau, mendapatkan disposisi dari DPP PAN untuk melanjutkan komunikasi, guna menagih janji Gubernur Riau terpilih, Syamsuar, untuk menjadi Ketua DPW PAN Riau.

Sebagaimana komitmen awal sebelum terpilih menjadi gubernur, Syamsuar menyatakan siap untuk memimpin PAN Riau setelah menjadi gubernur.

Namun dalam perjalanannya, Syamsuar tidak langsung menepati komitmennya dengan DPP PAN tersebut. Bahkan sampai saat ini belum ada sikap untuk menjadi ketua partai berlambang matahari terbit tersebut.

Sekretaris DPW PAN Riau, Tengku Zulmizan Assegaf mengatakan, pihaknya sudah menerima disposisi dari DPP PAN untuk menemui gubernur terpilih, sebagai upaya menagih janji dan komitmen yang sudah disepakati tersebut.

"Memang ada disposisi dari DPP PAN kepada kami DPW PAN Provinsi Riau, dalam hal ini Ketua DPW saudara ku Irwan Nasir, dan saya Sekretaris DPW, untuk melanjutkan komunikasi dengan saudara ku Syamsuar," ujar Zulmizan Assegaf kepada Tribun, Rabu (17/7).

Menurutnya, masih dicarikan waktu yang pas untuk bisa melaksanakan disposisi tesebut, apalagi saat ini yang bersangkutan masih disibukkan dengan aktivitas masing-masing, sehingga belum ada waktu untuk menindaklanjuti disposisi tersebut.

"Karena saya belum bertemu dengan Saudaraku Ketua. Beliau masih disibukkan dengan tugas-tugas sebagai kepala daerah. Dan beberapa hari ini Saudaraku Syamsuar juga sedang bertugas ke luar daerah," ujar Zulmizan.

Sebagaimana diketahui Gubernur Riau Syamsuar, ternyata memiliki komitmen dengan Partai Amanat Nasional (PAN) saat diusung menjadi calon gubernur lalu. Syamsuar saat itu berjanji bila terpilih nantinya akan menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau.

Untuk itulah PAN menagih dan menunggu komitmen Syamsuar yang saat ini sudah terpilih menjadi Gubernur Riau. Karena komitmen itu disampaikan langsung kepada pengurus DPP PAN di Jakarta.

Saat ditanya seperti apa komitmen yang disepakati kedua pihak baik DPP PAN maupun Syamsuar saat itu, Zulmizan menyebutkan, komitmen Itu adalah sebuah kesepakatan dari Syamsuar yang menyatakan diri akan menjadi Ketua PAN Riau.

"Lebih tepat disebut sebagai komitmen atau kesepakatan bersama, yang menjadi prasyarat dukungan oleh PAN sebagai calon gubernur Riau pada Pilgubri 2018 lalu," jelasnya.

Pihaknya sendiri dari PAN mengaku tidak pernah mendesak ataupun memaksa Syamsuar untuk menepati janjinya sebagaimana yang disepakati sebelumnya. "Kami menunggu saja. Mudah-mudahan akan segera terealisasi," jelasnya.

Saat ditanya sampai kapan menunggu komitmen tersebut, Zulmizan menyebut tidak akan memberikan deadline karena sifatnya hanya menunggu. "Soal waktu, tidak ada dalam perjanjian, jadi memang fleksibel, tergantung kesiapan dan komunikasi para pihak," ujarnya.

Sebelumnya, hingga Pemilu 2019 usai, Syamsuar memang belum memberi kepastian untuk menjadi Ketua PAN Riau. Saat ditemui usai menghadiri rapat paripurna di Kantor DPRD Riau akhir bulan lalu, Syamsuar terkesan menghindari awak media saat ditanya terkait menjabat Ketua DPW PAN Riau tersebut.

"Apa pula ini. Tak bisalah aku jawab sekarang," ujar Syamsuar saat itu sambil berlalu meninggalkan sejumlah awak media. (uha)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved