Sekda Inhil Apresiasi Kinerja Dukcapil Dalam Melayani e-KTP dan Perekaman Data

Sekda Inhil meninjau tiga OPD pelayanan publik, yang akan menjadi fokus penilaian oleh Kemenpan RB tak lama lagi.

Sekda Inhil Apresiasi Kinerja Dukcapil Dalam Melayani e-KTP dan Perekaman Data
tribun pekanbaru
Sekda Inhil, H Said Syarifuddin didampingi Kepala Disdukcapil Inhil, melihat proses perekaman e-KTP di Kantor Disdukcapil Inhil. 

tribunpekanbaru.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil mengevaluasi pelayanan publik, dalam rangka penilaian oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin langsung meninjau tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil, yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, Selasa (16/7) pagi lalu.

Ketiga OPD yang menjadi peninjauan Said Syarifuddin antara lain Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Perizinan dan PTSP, serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan.

Pada peninjauan pertama, Said Syarifuddin mengunjungi Disdukcapil Inhil untuk melihat pelayanan dan sarana serta prasarana.

Meskipun masih terdapat kekurangan, namun Said mengapresiasi kinerja Disdukcapil dalam melakukan pencetakan e-KTP yang siap dalam satu hari, dan layanan perekaman e-KTP di rumah bagi masyarakat yang sakit serta tidak mampu datang ke kantor Dukcapil untuk melakukan perekaman data.

"Ada beberapa poin yang mesti diperbaiki di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, di antaranya plang nama pada setiap ruangan dan disediakannya kotak saran bagi masyarakat,” ungkapnya.

Setelah meninjau Disdukcapil, Said Syarifuddin melanjutkan tinjauan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, serta Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan.

Pada dua lokasi ini, Said Syarifuddin berdialog langsung dengan para petugas yang bertugas melayani masyarakat.

Dari hasil peninjauan, Sekda Said menyimpulkan, masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, meliputi pusat informasi, selebaran, toilet umum, ruang ibu menyusui, hingga kotak saran.

“Untuk itulah saya juga ajak inspektorat, bagian organisasi, dan BKD, untuk bersama-sama mengoreksi dan memperbaiki apa yang harus dipersiapkan. Mengingat penilaian tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Inhil, Ahmad Ramani menyambut baik kritik dan saran yang diberikan oleh Sekda Said Syarifuddin.

Hal sama juga disampaikan dr Udin Syafriuddin, Kabid Pelayanan Non Medis dan Penunjang Medis RSUD Puri Husada Tembilahan. “Pembenahan atas segala kritik dan saran akan dilakukan sebelum akhir bulan,” kata dr Udin. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved