Pelalawan

Satu Hotspot Muncul, Tim Gabungan Patroli di Areal Rentan Terbakar di Pelalawan

Satu hotspot atau titik panas terpantau di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Satu Hotspot Muncul, Tim Gabungan Patroli di Areal Rentan Terbakar di Pelalawan
Istimewa
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan Hadi Penandio. 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Satu hotspot atau titik panas terpantau di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau, Kamis (18/7/2019), berdasarkan pantauan satelit Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio menjelaskan, titik panas tersebut setelah dilakukan pengecekan lapangan ternyata bukanlah kebakaran, apalagi tingkat confidence di bawah 70 persen.

Bisa saja hotspot itu diakibatkan udara dan cuaca yang sangat panas yang terdeteksi satelit. Sedangkan lokasi-lokasi yang rentan terbakar lainnya sampai saat ini masih aman.

"Sampai saat ini kita aman belum ada karhutla. Biar bagaimanapun kita terus lakukan patroli dan pemantauan lapangan," kata Hadi Penandio.

Dijelaskannya, pihaknya dari tim gabungan tetap siaga dan melakukan patroli rutin khususnya di areal-areal yang berpotensi terbakar. Sistem patroli dilakukan secara rayonisasi per kecamatan yang telah dibagi-bagi.

Personel kecamatan berasal dari instansi gabungan seperti tim kecamatan, TNI, polri, masyarakat peduli api, perusahaan, serta instansi lainnya.

Patroli rayonisasi ini bertujuan untuk memantau adanya titik api yang tidak terdeteksi oleh satelit di lokasi tertentu. Kemudian mengecek adanya titik panas yang terpantau dan memastikan kondisi di lapangan.

Hingga melakukan penanganan dan penanggulangan awal jika terjadi Karhutla di lahan yang termasuk dalam rayon.

"Hasil rapat koordinasi kita pekan lalu, diteruskan ke masing-masing kecamatan sesuai rayonisasi yang melibatkan semua stakeholder. Jadi komunikasi dan koordinasi akan lebih mudah," ucapnya.

Saat ini seluruh kecamatan sedang menggelar rapat koordinasi bersama seluruh instansi dan pihak swasta yang masuk dalam rayon. Termasuk melakukan verifikasi personil gabungan setiap rayon sebagai garda terdepan penanggulangan karhutla di areal masing-masing. (Tribunpekanbaru.com/johannes tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved