Artikel

Berpikirlah di Luar Mainstream Agar Eksis Pada Era Disrupsi

Mampu melakukan pemikiran yang tidak biasa atau pemikiran yang mengandung inovasi dan kreasi diluar kebiasaan orang lain.

Berpikirlah di Luar Mainstream Agar Eksis Pada Era Disrupsi
Tribun Kaltim
Berpikirlah di Luar Mainstream Agar Eksis Pada Era Disrupsi 

Berpikirlah di Luar Mainstream Agar Eksis Pada Era Disrupsi

Irvandi Gustari
Irvandi Gustari (Tribunpekanbaru)

Oleh: DR. Irvandi Gustari SE. MBA

(Akademisi dan Praktisi)

Ya memang harus tampil beda bila ingin eksis di era disrupsi ini. Kita sudah acap kali mendengar tentang istilah “Think out of the box” atau sering kita dengar juga “out of the box thinking” yang sebenarnya maknanya ya berkisar sama saja yaitu mampu melakukan pemikiran yang tidak biasa atau pemikiran yang mengandung inovasi dan kreasi diluar kebiasaan orang lain.

Singkat kata, kita memang dituntut selalu kreatif untuk setiap detik waspada dan responsif terhadap perubahan yang tejadi begitu cepat, itulah yang disebut berfikir “diluar mainstream”, atau berfikir yang tidak biasa atau tidak lazim.

Ada sejumlah contoh yang dipaparkan pada tulisan ini, namun tidak ada kaitannya dengan upaya promosi atau kegiatan pemasaran lainnya, namun penulis menginginkan berbagi pandangan tentang kisah sukses nyata yang telah terjadi pada sejumlah contoh pada tulisan ini.

Di benak kita tertanam bahwa bila kita mengunjungi restaurant atau rumah makan ataupun kedai kopi, rasanya salah satu pertimbangan kita untuk mampir adalah apakah ada ketersediaan WIFI? Ya itulah faktanya, hampir semua restaurant terutama di mall, menyediakan fasilitas WIFI gratis sebagai salah satu daya tariknya. Apalagi restaurant yang segmentasinya untuk keluarga, itu pasti wajib banget untuk menyediakan WIFI gratis, sebab anak-anak kita tidak ada yang mau diajak ke restaurant yang tidak ada jaringan WIFI.

Namun ada yang menarik, Kita semua dari tingkatan para orang tua dan para anak-anak kita sudah tidak asing lagi dengan Starbucks. Kedai kopi yang didirikan 47 tahun lalu ini awalnya hanya sebuah toko biji kopi di Seattle, Amerika Serikat (AS). Kini, Starbucks sudah memiliki 30.000 kafe di berbagai belahan dunia. Apa yang membuat Starbucks aneh dan menarik?

Starbucks disaat para pelaku kuliner dengan bangganya bahwa toko atau outletnya ada fasilitas WIFI, justru apa yang dilakukan oleh Starbucks?. Kita semua sadar bahwa ditambah lagi adanya data riset ilmiah kita semua sedang mengalami keprihatinan atas masalah “gadget problem”. Gara-gara gadget, kita dengan sesama anggota keluarga kita, selalu dekat tapi terasa jauh, itulah “ gadget problem”.

Atas ada keprihatinan itu, kejadian itu jutru menjadi peluang bisnis oleh Starbukcs dan khususnya bagi Starbucks Indonesia menyelenggarakan kampanye “Let’s Disconnect to Connect” di aplikasi LINE dan gerai Starbucks di seluruh Indonesia. Bahkan Starbucks Indonesia konsisten atas sikapnya itu dengan ditunjukkan menghimbau kesediaan para pelanggannya meletakkan smartphone-nya di stiker yang ada di atas meja setiap gerai Starbucks Indonesia bertuliskan “Park Your Phone Here”. Ini luar biasa, dan suatu pemikiran diluar kelaziman atau diluar mainstream, namun menjadikan respek yang luar biasa dan berdampak kepada bisnis secara positif tentunya.

Contoh lain adalah ketika perusahaan taksi terkemuka di Indonesia yaitu Blue Bird, ketika taksi online mulai memasuki pasar Indonesia, coba kita cermati, apa yang dilakukan Blue Bird, yaitu berbeda dengan yang lainnya dengan memerangi dan bahkan ada yang minta perlindungan melalui otoritas Bandara, untuk menolak taksi online. Blue Bird tampil beda, dengan tidak hanya meluncurkan program aplikasi on line sendiri dengan format “ My Blue Bird”, namun yang diluar dugaan, atau ini benar-benar “ Think Out Of The Box”, yaitu berangkulan dengan taksi online dan masuk melalui aplikasi online “ GOJEK”, ini terobosan yang luar biasa dan sukses.

Yakinilah bahwa tanpa berfikir beda, kita akan mati ditelan keliaran zaman itu sendiri.

Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved