Dosen FKIP Sendratasik UIR Latih Murid SD Tari Makan Sirih

Dosen FKIP Sendratasik UIR, Yahyar Erawati SKar, MSn dan sejumlah mahasiswa melatih murid SDN 04 Dusun 02 Desa Muaro Jalai.

Dosen FKIP Sendratasik UIR Latih Murid SD Tari Makan Sirih
FOTO/ISTIMEWA
Dosen FKIP Sendratasik UIR, Yahyar Erawati SKar, MSn dan sejumlah mahasiswa melatih murid SDN 04 Dusun 02 Desa Muaro Jalai, Kecamatan Kampar Utara. 

Dosen FKIP Sendratasik UIR Latih Murid SD Tari Makan Sirih

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Dosen FKIP Sendratasik UIR, Yahyar Erawati SKar, MSn dan sejumlah mahasiswa melatih murid SDN 04 Dusun 02 Desa Muaro Jalai, Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar Tari Makan Sirih (Tari Persembahan) pada April 2019 lalu.

Yahyar Erawati mengatakan, tujuan pelatihan ini menjadikan siswa lebih kreatif, dapat menari dengan baik dan benar serta mengetahui seni tari khususnya Riau.

“Selain itu sebagai pembinaan dan bimbingan kepada siswa dalam menari. Melaksanakan pendidikan tari untuk menciptakan siswa yang kreatif, apresiatif dan ekspresif, dan meningkatkan kualitas dan mutu siswa dalam menari secara wiraga, wirama dan wirasa,” ulas Yahyar yang juga ketua dalam pelatihan ini dalam pernyataan tertulis yang diterima Tribun, Kamis (18/7/2019).

Baca: NONTON Malam Ini Manchester United Vs Inter Milan, International Champions Cup 2019, LIVE TVRI VIDEO

Baca: Tonton Final Piala Afrika 2019, SENEGAL Vs ALJAZAIR, Live Streaming Malam Ini Pukul 02.00 WIB

Baca: Cara Sholat Jenazah Perempuan dan Laki-laki, Niat Shalat Jenazah dan Tatacara Sholat Jenazah (Video)

Diungkapkannya, Tari Makan Sirih adalah tarian klasik Melayu yang umumnya dipentaskan untuk menyambut tamu agung.

Target yang ingin dicapai pada kegiatan melatih murid SDN 04 ini diantaranya adalah, siswa mampu melakukan latihan dasar Tari Makan Sirih. Siswa mampu malakukan teknik gerak Tari Makan Sirih.

Siswa mampu menari Tari Makan Sirih dengan desain lantai atau pola lantai.

Mahasiswi FKIP Sendratasik UIR yang membantu Yahyar selama pelatihan ini mengatakan, Tari Makan Sirih mengandung nilai-nilai luhur, diantaranya, memiliki nilai disiplin dan kesabaran, hiburan, pelestarian budaya, seni, dan nilai kreatifitas.

Pelatihan tari mendapatkan sambutan yang hangat dari pihak sekolah. Murid SDN 04 juga sangat senang, hanya saja mereka mereka merasa waktu pelatihan sangat singkat.

Baca: Link Download Lagu Andmesh Hanya Rindu, Video (MP3) Populer dan Kunci Gitar Lagu Andmesh Hanya Rindu

Kepala SDN 04 mengatakan, pelatihan ini sangat membantu anak-anak untuk lebih bersemangat dalam mengembangkan bakat dan budaya tari tradisional yang ada di Riau.

Harapannya, pelatihan tari ini akan diadakan lagi disekolah mereka dengan jangka waktu yang lebih lama.

Seorang guru SDN 04 merasa terbantu dengan pelatihan tari yang dilakukan Yahyar bersama mahasiswa di sekolah mereka, sehingga pelatihan tari ini dapat ditampilkan pada gelaran pentas seni di sekolah mereka. (*)

Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved