Berita Riau

Kebakaran Lahan di Riau Terus Meluas, Hari Ini Satgas Udara Lakukan Bom Air di Siak dan Inhil

BPBD Riau mencatat pasa Sabtu hingga Minggu (21/7/2019) sejumlah daerah di Riau ditemukan kebakaran lahan.

Kebakaran Lahan di Riau Terus Meluas, Hari Ini Satgas Udara Lakukan Bom Air di Siak dan Inhil
TribunPekanbaru/Melvinas Priananda
FOTO ILUSTRASI - Helikopter Super Puma yang dikerahkan oleh Sinar Mas Forestry menjatuhkan bom air dalam upaya membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (15/3/2016). Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kabupaten tersebut selama beberapa waktu terakhir masih belum bisa dipadamkan dan justru semakin meluas akibat pengaruh cuaca serta minimnya peralatan pemadam kebakaran. 

Kebakaran Lahan di Riau Terus Meluas, Hari Ini Satgas Udara Lakukan Bom Air di Siak dan Inhil

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau tidak hanya terjadi di Air Hitam dan Palas saja.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mencatat pasa Sabtu (20/7/2019) hingga Minggu (21/7/2019) sejumlah daerah di Riau ditemukan kebakaran lahan.

Diantaranya di Dusun II Pangkalan Durian dan Desa Aman Rupat Bengkalis, Kemudian di Desa Lahang Hulu Gaung Inhil, dan di Dusun Lemang Jaya Desa Kuala Lemang Inhil.

Serta beberapa titik di Dumai, diantaranya di Kelurahan Bukit Timah, Teluk Makmur, Tanjung Palas,

Kemudian di Rohil juga ditemukan ada sejumlah titik kebakaran lahan. Yakni di Desa lenggadai dan Teluk Bano II. Kemudian di Siak ada di Dusun Tenggiri Koto Gasip dan di Dayun.

"Petugas saat ini sedang melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi yang saat ini masih ditemukan ada api dan asap," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, Minggu (21/7/2019).

Baca: Disiksa dan Dibuang Majikan, Annisa TKW Asal Aceh Ditemukan Penuh Bekas Luka

Sanger mengungkapkan, pemadaman tidak hanya dilakukan melalui jalur darat saja.

Namun tim Satgas Karhutla juga melakukan pemadaman melalui jalur udara dengan cara melakukan pengeboman air atau water bombing dengan menggunakan helikopter.

Namun untuk pemadaman udara hanya difokuskan di wilayah yang memang sulit di jangkau oleh petugas darat serta terbatas sumber air terdekat di sekitar wilayah kebakaran.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved