Karhutla

Tim Gabungan Terjun ke Gondai dan Jalan Lingkar Pangkalan Kerinci Padamkan Api Karhutla

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terdeteksi di Kabupaten Pelalawan, Minggu (21/7/2019).

Tim Gabungan Terjun ke Gondai dan Jalan Lingkar Pangkalan Kerinci Padamkan Api Karhutla
istimewa
Proses pemadaman karhutla di Desa Gondai Kecamatan Langgam Pelalawan, Minggu (21/7/2019). 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terdeteksi di Kabupaten Pelalawan, Minggu (21/7/2019).

Ada dua titik karhutla yang sedang ditangani tim gabungan.

Titik pertama di Desa Gondai Kecamatan Langgam. Karhutla terpantau sejak Sabtu (20/7/2019) yang melalap areal semak belukar dan merembet ke kebun kelapa sawit milik masyarakat.

Api sempat berhasil dipadamkan pada malam hari dan tinggal pendidinganan. Namun api kembali berkobar pada Minggu (21/7/2019) siang yang membuat personel kembali beraksi memadamkan si jago merah.

"Lahannya memang mineral, bukan gambut. Tapi karena semak belukar yang kering api cepat membesar, bahkan sekarang masuk kebun sawit warga," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio.

Personel gabungan yang diterjunkan ke Gondai yakni TNI, Polri, BPBD, Satpol PP dan Damkar, tim darat rayon Langgam, perusahaan, dan masyarakat peduli api.

Tim gabungan difokuskan untuk melakukan lokalisir api agar tidak semakin membesar dan menjalar ke perkebunan. Kemudian melakukan pendinginan di areal yang sudah padam, mengantisipasi api kembali naik lagi.

Titik kedua di Jalan Lingkar Timur Kelurahan Kerinci Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci. Api membakar lahan kosong milik masyarakat yang terdiri dari semak belukar dan hutan dalam luasan kecil. Tim dari rayon Pangkalan Kerinci dibantu perusahaan dan personel Damkar Satpol PP serta masyarakat digeser ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

"Untuk luasannya belum bisa dipastikan. Sampai sekaran personil di dua lokasi masih aksi dengan peralatan yang ada," tambah Hadi Penandio. (Tribunpekanbaru.com/johannes tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved