Kepulauan Meranti

Wabup Said Hasyim Resmi Buka MTQ Ke XI Kabupaten Kepulauan Meranti

Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Said Hasyim membuka MTQ XI Kabupaten Kepulauan Meranti di halaman Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang.

Wabup Said Hasyim Resmi Buka MTQ Ke XI Kabupaten Kepulauan Meranti
FOTO/ISTIMEWA
Wabup Kepulauan Meranti H Said Hasyim memukul gong sebagai tanda dibukanya MTQ XI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti di halaman Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang, Sabtu (20/7/2019) malam. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KEPULAUAN MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Said Hasyim membuka MTQ XI Kabupaten Kepulauan Meranti di halaman Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang, Sabtu (20/7/2019) malam.

Wabup Said Hasyim berharap MTQ kali ini disamping sebagai lomba seni membaca Alquran juga sebagai ajang membina generasi muda untuk lebih mencintai Alquran.

Pemkab Meranti akan terus mendorong masyarakat untuk mempelajari dan mencintai Alquran. Selain dengan menggelar MTQ juga memberikan insentif khusus bagi para guru agama.

"Dengan membumikan Alquran semoga Meranti menjadi negeri madani sebagaimana visi dan misi kabupaten," ucap Said Hasyim.

Gubri yang diwakili oleh Kabiro Kesra Sekdakab Meranti H Masrul Kasmi mengatakan, MTQ memiliki peran strategis disamping sebagai media syiar Islam juga mampu menumbuhkan ekonomi real masyarakat.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat mencetak qori qoriah terbaik Riau asal Meranti yang mampu meraih prestasi gemilang baik di tingkat nasional maupun internasional.

Seperti prestasi yang baru-baru ini diraih oleh Provinsi Riau pada MTQ nasional di Medan. Provinsi Riau berhasil menduduki peringkat 6 dari 34 provinsi se-Indonesia, dan terakhir pada STQ di Pontianak, Provinsi Riau berhasil masuk 7 besar.

Untuk mendukung prestasi qori dan qoriah, Provinsi Riau dan Pemkab Meranti juga akan membangun Quran Center di Masjid Agung An-Nur.

Ketua Panitia MTQ XI Meranti yang juga Asisten I Sekdakab Meranti Syamsuddin SH MH, dalam sambutannya mengatakan, MTQ ini selain meningkatkan ukuwah islamiyah juga meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal seni membaca, menulis, mengamalkan, dan menghafal Alquran.

MTQ kali ini diikuti oleh 341 peserta yang berasal dari utusan 9 kecamatan se-Kabupaten Meranti.

MTQ yang digelar selama 5 hari ini memperlombakan beberapa cabang yakni, Tilawah Quran, Tahfiz dan Tafsir Quran, Khatal Quran, Syahril dan Fahmil serta MMQ. (Tribunpekanbaru.com/teddy tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved