Investor Khawatir Lokasi Usaha, RTRW Pekanbaru Tak Kunjung Disahkan

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pekanbaru yang belum disahkan menjadi satu kendala dalam penanaman investasi.

Investor Khawatir Lokasi Usaha, RTRW Pekanbaru Tak Kunjung Disahkan
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Sejumlah gedung besar dan tinggi berdiri di Kota Pekanbaru sebagai bukti Pekanbaru masih menjadi pilihan berinvestasi. 

TRIBUNPEKANBARU. COM, PEKANBARU - Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pekanbaru yang belum disahkan menjadi satu kendala dalam penanaman investasi.

Para investor masih khawatir lokasi menanamkan modal yang tidak sesuai peruntukan.

"Para investor khawatir lokasi tidak sesuai peruntukan. Maka mereka pun lebih hati-hati," jelas Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, Rudi F Misdian kepada Tribun, Senin (22/7/2019).

Menurutnya, pada investor masih menanti pengesahan RTRW. Ia menilai RTRW cukup krusial bagi para investor.

"Mereka ingin kepastian, walau saat ini sudah ada draft RTRW," jelasnya.

Rudi memastikan tidak ada mafia investasi yang memanfaatkan kondisi tersebut. Pasalnya keberadaan mafia investasi merugikan para investor.

Pihaknya mengantisipasi keberadaan mafia investasi. Ia menyebut modus mafia tersebut yakni menjual nota kesepahaman ke investor asing.

"Mereka tawarkan investasi, tapi tidak kunjung terealisasi," ujarnya.

Rudi menyebut bahwa realisasi investasi pada tahun 2019 baru tercatat selama tiga bulan. Realisasi investasi di Kota Pekanbaru pada Triwulan I tahun 2019 mencapai Rp 878 miliar.

Sedangkan target investasi tahun ini sebesar Rp 4 triliun.

Ia menilai iklim investasi di Kota Pekanbaru cukup kondusif usai Pemilu 2019. Bahkan Rudi memastikan tidak ada gejolak berarti yang dapat mengganggu investasi.

Sektor investasi terealisasi saat ini dari berbagai bidang. Di antaranya sektor kelistrikan, properti dan konstruksi. Nilai investasi terbesar yakni bidang kelistrikan.

Investasi terbanyak dari Medco di bidang kelistrikan. Total nilainya mencapai Rp 4 triliun. Pada tahun ini sudah terealisasi Rp 340 miliar hingga triwulan II.

Realisasi investasi di Kota Pekanbaru tahun 2018 mencapai Rp 2 triliun. Kebanyakan investasi di sektor konstruksi dan kelistrikan. (*)

Penulis: Fernando
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved