Bengkalis

Karhutla di Darul Aman Bengkalis Capai 15 Hektare, Tim Masih Lakukan Pendinginan

Pemadaman karhutla di Bengkalis masih terfokus di Desa Darul Aman, Kecamatan Rupat, Senin (22/7/2019) pagi.

Karhutla di Darul Aman Bengkalis Capai 15 Hektare, Tim Masih Lakukan Pendinginan
FOTO/ISTIMEWA
Petugas memadamkan api yang membakar lahan di Bengkalis.

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Pemadaman karhutla di Bengkalis masih terfokus di Desa Darul Aman, Kecamatan Rupat, Senin (22/7/2019) pagi. Luas lahan yang terbakar sudah mencapai 10-15 hektare.

Kepala Dinas Damkar Bengkalis, Djamaluddin mengatakan, pemadaman juga mendapat bantuan dari udara dengan menggunakan helikopter water bombing.

"Jalur darat kita dibantu oleh Tim Pusdatin BPBD Bengkalis, TNI dan Polri. Serta dibantu pemadam dari perusahaan yang beroperasi di daerah tersebut," ungkap Djamaluddin.

Kendala yang dihadapi tim darat di lapangan petugas kesulitan mendapatkan air di titik karhutla. Sumber air sangat terbatas meskipun ada beberapa parit di lokasi.

"Jadi pagi sampai sore kita padamkan, besoknya muncul lagi. Kondisi api tidak dapat diprediksi hilang muncul lagi, ditambah kondisi air yang terbatas, meskipun ada beberapa parit di sana namun jumlahnya terbatas," kata Djamaluddin.

Sejauh ini lahan yang terbakar masih semak belukar. Namun sudah mengarah kearah perkebunan masyarakat, sehingga pemadaman terus difokuskan di sana agar tidak berkembang sampai ke kebun masyarakat.

"Kendala kita sejauh ini memang masih air saja. Kalau medannya masih ditempuh ke lokasi dengan jalur darat," tambahnya.

Sejauh ini hasil patroli Damkar Bengkalis di lapangan memang hanya satu titik ini saja yang muncul.

Sementara tempat lain belum ditemukan adanya titik api baru, pihaknya berharap dengan kondisi cuaca seperti ini masyarakat Bengkalis tidak melakukan pembakaran dengan alasan apapun saat berada di kebun masing masing. (Tribunpekanbaru/muhammad natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved