Pencak Silat Riau Siap Tampil di Pra PON, Atlet yang Diturunkan Seratus Persen Lokal

IPSI Riau menyebut, menggunakan atlet lokal merupakan tradisi pencak silat Riau, yang sejak dulu tak pernah menggunakan atlet impor dari daerah lain.

Pencak Silat Riau Siap Tampil di Pra PON, Atlet yang Diturunkan Seratus Persen Lokal
antara
IPSI Riau mempersiapkan seratus persen atlet lokal untuk mengikuti Pra PON 2019. 

tribunpekanbaru.com - Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Riau menegaskan, pihaknya sudah menyiapkan tim seratus persen untuk tampil di Pra PON 2019. Meski belum tahu pasti daerah yang menjadi tuan rumah, namun IPSI Riau tetap mempersiapkan tim secara matang.

Wakil Ketua IPSI Riau, Martias, Senin (22/7) menjelaskan, atlet seratus persen yang disiapkan pihaknya murni atlet lokal Riau. IPSI Riau tidak mendatangkan atlet dari luar daerah alias atlet impor.

"Ya, lokal semua. Tradisi kita di silat, tidak pernah menggunakan atlet impor. Ini kita lakukan untuk pembinaan atlet lokal secara kontinyu," kata Martias menjawab Tribun.

Mengenai jumlah seratus persen atlet yang disiapkan itu, Martias tidak menjelaskan secara rinci. Namun seratus persen yang dimaksud, sesuai dengan jumlah kelas yang ada di cabor pencak silat.

Tinggal nanti keputusan KONI Riau, apakah akan memberangkatkan full tim atau hanya atlet yang berpotensi meraih medali saja. Sebab seperti diketahui, KONI Riau kini mengalami persoalan dengan angggaran untuk Pra PON dan Porwil.

"Dari semua kelas yang ada, kita lebih banyak mengandalkan atlet di kelas putra. Prestasi di kelas putra ini sudah banyak. Meski begitu, untuk kelas putri tetap kita targetkan medali dan lolos ke PON Papua," katanya.

Lalu, apa target IPSI Riau dalam Pra PON nanti? "Target kita sebanyak-banyaknya lolos ke PON di Papua 2020 nanti. Baik kelas putra maupun kelas putri," tutur Martias.

Hingga pekan keempat Juli ini, tuan rumah Pra PON silat masih belum pasti. Martias mengatakan, informasi awal, tuan rumah Pra PON silat adalah Palembang, Sumsel. Namun untuk kepastiannya menunggu hasil Rakernas IPSI di Jakarta, pertengahan Agustus mendatang. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved