Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru Resmi Beroperasi, Jangkau Masyarakat Lebih Luas

Layanan terbaru Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru adalah Layanan Pusat Kanker

Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru Resmi Beroperasi, Jangkau Masyarakat Lebih Luas
TribunPekanbaru/Dody Vladimir
Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru Resmi Beroperasi 

Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru Resmi Beroperasi, Jangkau Masyarakat Lebih Luas

SEBAGAI rumah sakit swasta unggulan dan terpercaya yang ada di Bumi Lancang Kuning, RS Awal Bros Pekanbaru berkomitmen untuk tetap memberikan layanan kesehatan secara prima dan paripurna kepada masyarakat.

 

Maka tak heran, sejak berdiri dan diresmikan 21 tahun silam, RS Awal Bros Pekanbaru mengalami perkembangan yang sangat pesat. 

Demi menjaga standar mutu, kualitas pelayanan, dan keselamatan pasien, RS Awal Bros Pekanbaru terus berinovasi dan melakukan terobosan baru dibidang kesehatan modern.

Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru Resmi Beroperasi
Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru Resmi Beroperasi (TribunPekanbaru/Dody Vladimir)

 

Tentu saja hal ini juga didukung dengan tenaga ahli profesional, peralatan serta sarana dan prasarana pendukung yang canggih lagi memadai.

 

Satu lagi layanan terbaik dari RS Awal Bros Pekanbaru resmi dibuka dan beroperasi, mulai Sabtu (20/7) kemarin. Layanan terbaru yang diresmikan langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar didampingi Wakil Gubernur Edy Natar Nasution tersebut adalah Layanan Pusat Kanker.

 

Sesuai namanya, layanan ini diperuntukkan bagi pasien pengidap penyakit kanker. Dengan hadirnya layanan Pusat Kanker tersebut, penanganan salah satu penyakit mematikan ini bisa lebih optimal dilakukan.

 

Tak hanya mengobati, lewat Layanan Pusat Kanker ini, diharapkan juga bisa memberikan edukasi, deteksi dini dan upaya pencegahan terkait penyakit kanker.

 

Direktur Utama PT Awal Bros Putra Medika, Ir. Arfan Awaloeddin, MARS menjelaskan, hadirnya Layanan Pusat Kanker ini menjadi bentuk kepedulian sekaligus partisipasi dari RS Awal Bros Pekanbaru dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan.

 

Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru Resmi Beroperasi
Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru Resmi Beroperasi (TribunPekanbaru/Dody Vladimir)

Dikatakannya, demi mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik dan terpadu, tentunya pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri, begitu pun pihak swasta.

 

“Maka dari itu dibutuhkan public private partnership, pemerintah dan swasta saling bersinergi dan bekerjasama untuk peningkatan layanan kesehatan di Indonesia, terutama di Riau ini. Termasuk juga kontribusi institusi pendidikan juga sangat dibutuhkan,” ucapnya.

 

“Insya Allah Layanan Pusat Kanker ini, untuk di Sumatra peralatannya sudah sangat canggih. Semoga bisa membantu untuk deteksi dini, pengobatan, maupun pencegahan kanker,” sambung dia lagi.

 

Lanjut dia, dengan hadirnya layanan ini, diharapkan akan bisa menjangkau masyarakat yang membutuhkan secara lebih luas.

 

“Ini juga sebagai bentuk kontribusi kita untuk membantu pemerintah dalam hal pencegahan dan pengendalian kanker, khususnya di Provinsi Riau. Karena kami berangkat dari Riau, untuk Indonesia,” ucapnya.

 

Sementara itu, Direktur RS Awal Bros Pekanbaru dr. Jimmy Kurniawan, MKK menyatakan, didirikannya Layanan Pusat Kanker ini, juga dilatarbelakangi oleh masih tingginya angka kasus penyakit kanker.

 

Namun angka ini, tidak diimbangi dengan ketersediaan layanan yang memadai bagi para pasien, atau bisa dibilang masih sangat terbatas.

 

Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru Resmi Beroperasi
Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru Resmi Beroperasi (TribunPekanbaru/Dody Vladimir)

Berdasarkan data global tahun 2018, ada sekitar 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta.

 

Dimana 1 dari 5 laki-laki, dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami penyakit kanker. Data tersebut juga menyatakan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan meninggal dunia karena kanker.

 

"Untuk itu di Layanan Pusat Kanker ini nantinya masyarakat bisa melakukan deteksi dini kanker. Tata laksana untuk pasien juga akan disesuai dengan hasil diagnosa. Harapannya tentu saja bisa meminimalisir angka kesakitan, kecacatan, dan kematian," ungkapnya.

 

Ditegaskan dr. Jimmy, di Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru ini, masyarakat bisa mendapatkan layanan untuk konsultasi, pencegahan, deteksi, terapi dan pengobatan.

 

Pusat Kanker RS Awal Bros juga sudah mempunyai fasilitas berupa penyinaran untuk mengangkat sel kanker.

 

“Mulai Senin ini, kita juga sudah melayani pasien BPJS untuk radioterapi dan kemoterapi,” ujarnya.

 

Dia menambahkan, RS Awal Bros Pekanbaru menargetkan bisa memberikan pelayanan dengan kapasitas maksimum sekitar 80 sampai 100 pasien per hari.(rzk/adv)

 

Gubernur Imbau Masyarakat Manfaatkan Layanan Pusat Kanker Secara Maksimal

Gubernur Riau Syamsuar yang meresmikan langsung Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru, menyampainya ucapan selamat dan apresiasinya.

 

"Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Riau. Ini adalah langkah yang sangat baik, memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan dan pengobatan. Kami mengucapkan selamat atas berdirinya layanan ini," paparnya.

 

Dia pun menyambut baik hadirnya layanan terbaru RS Awal Bros Pekanbaru ini. Dengan berdirinya Pusat Kanker ini, tentu saja bisa ikut membantu mengoptimalkan usaha pencegahan dan pengendalian kanker khususnya di Provinsi Riau.

 

"Ini sangat membantu pemerintah dalam menangani pasien kanker, karena memang saat ini sudah tidak tertampung lagi semuanya di RSUD Arifin Achmad. Semakin banyak berdiri pusat layanan seperti ini, tentunya akan semakin baik," ulasnya.

 

Gubernur Riau pun mengimbau kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan Layanan Pusat Kanker RS Awal Bros Pekanbaru ini secara maksimal.

 

“Masyarakat Riau tentunya bisa mendapatkan pelayanan yang nyaman, bisa berobat di kampung sendiri. Tidak perlu jauh-jauh lagi bahkan sampai ke Malaysia. Semakin cepat ditangani tentu semakin baik,” pungkasnya.(rzk/adv)

Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved