Rokan Hulu

Iuran Hanya Rp16.800 Per Bulan, Dorong Koperasi dan UKM Ikut Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

Sekda Rohul H Abdul Haris SSos, Msi menghimbau kepada koperasi dan UKM untuk mendaftarkan pengurus, pekerja dan anggotanya dalam kepesertaan BPJSK.

Iuran Hanya Rp16.800 Per Bulan, Dorong Koperasi dan UKM Ikut Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
istimewa
Pemkab Rohul dan BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi kepada ratusan pelaku koperasi dan UKM di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center, Rabu (24/7/2019). 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Dinas Koperasi UKM Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Diskoptransnaker) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bersama BPJS Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi kepada ratusan pelaku koperasi dan UKM di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center, Rabu (24/7/2019).

Pada sosialisasi tersebut, Sekda Rohul H Abdul Haris SSos, Msi mengimbau kepada koperasi dan UKM untuk mendaftarkan pengurus, pekerja dan anggotanya dalam kepesertaan BPJSK.

Hal ini dimaksudkan agar semua komponen di koperasi dan UKM dapat terlindungi dari risiko kecelakaan kerja.

"Kami juga berharap BPJSK meningkatkan layanan dan mempermudah akses hingga ke desa-desa. Kalau bisa BPJSK jemput bola kedesa-desa baik dalam rangka pembayaran iuran atau membuka pendaftran," harap Sekda.

Kepala Diskoptransnaker Rohul, Hary Islami mengungkapkan, sosialisasi ini adalah bentuk komitmen Pemkab Rohul dalam menjalankan amanah UU No 24 tahun 2011 serta Perbup Rohul terkait jaminan sosial ketenagakerjaan.

Menurutnya, banyak keuntungan yang didapat dengan bergabung dalam BPJSK, khususnya dalam melindungi risiko kecelakaan kerja yang bisa terjadi kapan saja. Apalagi, sebagian besar koperasi di Rohul bergerak di bidang perkebunan dan perdagangan yang banyak mempekerjakan Buruh Harian Lepas (BHL).

"Hanya Rp16.800 per bulan bisa menjamin kelangsungan hidup para pekerja, pengurus dan anggota jika terjadi risiko kecelakaan kerja. Kalau terjadi keelakaan berat apakah cukup dengan biaya segitu, tentu tidak. Nah BPJSK yang akan menjamin kita sampai sehat," sebutnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam, Ahmad Fauzan menjelaskan, sosialisasi ini merupakan sinergi antara BPJSK dengan Pemkab Rohul untuk pemberdayaan dan pembekalan terhadap pelaku koperasi dan UKM dalam meningkatan kesejahteraan sektor tersebut.

"Tugas kami mencover seluas-luasnya dan memberikan layanan sebaik-baiknya. Bukan hanya pengurus dan pekerja tapi juga termasuk anggota koperasi dan UKM yang melakukan kegiatan ekonomi," imbuhnya. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved