KPPBC Dumai Musnahkan Barang Ilegal Hasil Penindakan Senilai Rp2,5 Miliar

KPPBC Dumai memusnahkan barang hasil tegahan senilai Rp2,5 miliar. Barang tersebut di antaranya adalah rokok, minuman keras, dan barang elektronik.

KPPBC Dumai Musnahkan Barang Ilegal Hasil Penindakan Senilai Rp2,5 Miliar
tribun pekanbaru
KPPBC Dumai memusnahkan barang hasil tegahan senilai Rp2,5 miliar, di Lapangan Satuan Rudal 004 Dumai, Rabu (24/7). 

tribunpekanbaru.com - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Dumai melakukan pemusnahan barang hasil tegahan pada Rabu (24/7) di Dumai.

Pemusnahan barang-barang selundupan yang berhasil di tegah ini dilakukan di Lapangan Satuan Rudal 004 Dumai. Seluruh barang yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan petugas Bea Cukai yang telah ditetapkan menjadi Barang Milik Negara (BMN).

Kepala KPPBC Dumai, Fuad Fauzi mengatakan, penindakan dan penegahan dilakukan karena barang-barang tersebut merupakan komoditi yang melanggar ketentuan Larangan Pembatasan (Lartas) saat importasinya.

"Semua barang-barang tersebut sudah diregister sebagai BMN dan melanggar ketentuan UU Cukai serta melanggar ketentuan Kepabeanan," paparnya.

Dilanjutkan, pemusnahan tersebut sudah mendapatkan persetujuan Pemusnahan Barang oleh Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Dumai. Menurutnya, pemusnahan merupakan manifestasi fungsi yang dilakukan Bea Cukai sebagai bagian dari perlindungan masyarakat (community protector).

"Sudah menjadi kewajiban Bea Cukai melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal berbahaya bagi kesehatan maupun lingkungan," sebutnya.

Adapun total kerugian negara akibat masuknya barang tegahan tersebut bernilai Rp2,5 miliar yang terdiri dari barang elektronik, rokok, makanan, minuman, dan barang lainnya.

Fuad berharap, dengan adanya pemusnahan tersebut akan dapat menimbulkan efek jera pada para pelaku pelanggaran kepabeanan.

"Beredarnya barang-barang ini di pasaran akan berdampak pada penerimaan negara dari sektor cukai. Sedangkan dari sisi kesehatan kita semua tidak ketahui dampak bahayanya," tuturnya lagi.

Turut hadir dalam pemusnahan tersebut di antaranya Wakapolres Dumai Kompol Alex Sandy beserta sejumlah perwakilan Forkopimda di Kota Dumai. (mad)

Barang Dimusnahkan:
* Rokok : 462.856 pack
* Balpress : 559 pack
* Alat Elektronik : 2.358 unit
* Ban Bekas : 420 unit
* Minuman Keras : 280 unit
* Kosmetik : 384 unit
* Velg, sunroof mobil : 9 unit
* Obat Kuat : 29 bungkus
* Mainan : 1 Koli
* Sepatu : 2 Koli

Sumber: KPPBC Dumai (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved