KPU Inhil Bawa Saksi dari Tembilahan untuk Sidang Sengketa Pemilu di MK Selasa Mendatang

Sidang yang akan diikuti di MK merupakan sidang keempat, terkait dugaan penggelembungan suara pada pemilu legislatif lalu.

KPU Inhil Bawa Saksi dari Tembilahan untuk Sidang Sengketa Pemilu di MK Selasa Mendatang
ist
Logo KPU 

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhil akan kembali mengikuti rangkaian sidang sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019. Kali ini, sidang yang akan diikuti merupakan sidang keempat sengketa Pemilu Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten Inhil.

Ketua KPU Inhil, Herdian Azmi menuturkan, sidang keempat ini akan digelar 30 Juli nanti di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sidang lanjutan Selasa 30 Juli. Kemarin terakhir sidang Kamis tanggal 18 Juli. Kita sudah tiga kali sidang, ini mau sidang keempat,” ujar Herdian Azmi kepada Tribun, Kamis (25/7).

Dikatakan, pada sidang keempat ini, agendanya adalah menghadirkan dan mendengar keterangan saksi baik itu dari pemohon maupun termohon. “Dari Inhil, saksi dari pemohon dan termohon langsung dari Tembilahan kita bawa ke sana,” tutur Herdian.

Mengenai peluang apakah gugatan akan diterima atau ditolak, pria yang biasa disapa Edi ini mengaku masih belum bisa memprediksi, meskipun telah tiga kali mengikuti persidangan. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada MK terkait kasus ini.

Namun untuk menghadapi sidang keempat ini, KPU Inhil telah menyiapkan segala hal yang diperlukan, termasuk saksi dan bukti yang akan menguatkan di persidangan.

“Belum dapat dilihat seperti apa karena sidang masih berjalan. Lagi pula saksi–saksi belum diperiksa, kemarin masih pembacaan tuntutan dan lainnya. Tentu kita mengajukan dalil hukumnya melalui bukti tertulis dan lainnya, untuk membantah semua dalil yang diajukan pemohon,” terang Edi.

Untuk diketahui, calon legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil dari PDIP atas nama Surya Lesmana, mengajukan gugatan atas dugaan penggelembungan suara di daerah pemilihan (dapil) 4 Kecamatan Teluk Belengkong, yang diduga terjadi pada Pemilu lalu.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) juga telah menindaklanjuti laporan dugaan penggelembungan suara ini.

Tim Bawaslu Inhil juga telah datang ke daerah tersebut untuk menghimpun data dan bukti kecurangan seperti dilaporkan Surya Lesmana. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved