BREAKING NEWS

Gunung Tangkuban Perahu Erupsi, PVMBG Nilai Erupsi Tangkuban Perahu Lebih Besar Dibanding 2013

Erupsi Gunung Tangkuban Perahu, jumat (26/7/2019) menjadi erupsi yang lebih besar dibandingkan erupsi pada tahun 2013 silam.

Gunung Tangkuban Perahu Erupsi, PVMBG Nilai Erupsi Tangkuban Perahu Lebih Besar Dibanding 2013
FOTO/BNPB
Erupsi Gunung Tangkuban Parahu, Jumat (26/7/2019). 

Gunung Tangkuban Perahu Erupsi, PVMBG Nilai Erupsi Tangkuban Perahu Lebih Besar Dibanding 2013

TRIBUNPEKANBARU.COM,BANDUNG - Erupsi Gunung Tangkuban Perahu, jumat (26/7/2019) menjadi erupsi yang lebih besar dibandingkan erupsi pada tahun 2013 silam.

Gunung yang terkenal dengan Kawah Ratu itu terakhir kali erupsi pada Februari hingga Oktober 2013 silam.

Kepala Sub bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Nia Haerani mengatakan, erupsi kali ini lebih besar dari tahun 2013.

"Tipe erupsinya sama freatik. Tapi mungkin tadi ketinggian yang ini lebih besar kalau yang 2013 lebih singkat dan warnanya tidak kelabu dan bergumpal seperti itu. Dan waktu itu hanya hujan abu tipis serta terjadi tengah malam jadi tidak ada kepanikan," ujar Nia saat ditemui di pos pantau Gunung Tangkuban Parahu, Jumat (26/7/2019) malam.

Menurut Nia, meski tingkat erupsinya cenderung kecil, Gunung Tangkuban Parahu tetap memiliki potensi bahaya lantaran erupsi tak diawali dengan gejala vulkanik.

"Sebelum ada kegempaan seismograf kami lurus, tapi memang potensi bahaya dari Gunung Tangkuban Parahu ini dia punya potensi terjadi erupsi freatik hujan abu di sekitar kawah tanpa ada gejala vulkanik yang jelas. Jadi bisa saja misalnya tak ada gempa tapi terjadi erupsi," paparnya.

Karena itu, sambung Nia, pihaknya terus melakukan pemantauan penuh selama 24 jam dengan bantuan alat pemantau kegempaan dan deteksi gas. PVMBG juga telah memasang kamera pengawas di sekitar kawah.

"Gunung Tangkuban kami pantau 24 jam. Kami sudah pasang peralatan pemantau kegempaan deformasi dan deteksi gas tujuannya untuk mengetahui adanya gejala peningkatan," jelasnya.

Letusan freatik Sementara itu, Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan menjelaskan, tipikal erupsi Gunung Tangkuban Parahu adalah freatik berupa semburan lumpur dingin warna hitam dari Kawah Ratu.

Baca: LAGI TAYANG, LIVE DStar Indosiar TOP 15 Grup.5, Jumat I26.7.2019I Pukul I.20.30.I - VIDEO

Baca: HASIL AKHIR Persib Bandung vs Madura United, Persib Bandung Dipermalukan Bali United 0-2 (VIDEO)

Baca: Gunung Tangkupan Perahu Erupsi, Presiden Joko Widodo Minta Warga Tetap Waspada

Halaman
12
Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved