PTPN V dan Apkasindo Jalin Kerjasama Terkait Program Sawit untuk Rakyat

PTPN V lakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) untuk sejahterakan petani lewat peremajaan.

PTPN V dan Apkasindo Jalin Kerjasama Terkait Program Sawit untuk Rakyat
Foto/Istimewa
Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa dan Ketum DPP Apkasindo Gulat ME Manurung bersama Dirkom PTPN V M Arwin Nst dan Dewan Pembina Apkasindo Mayjend TNI (Purn) Erro Kusnara berfoto bersama setelah penandatanganan Nota Kesepahaman, di Pekanbaru, Sabtu (27/7/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Untuk mensejahterakan petani melalui peremajaan, peningkatan produktivitas, perbaikan SDM hingga sertifikasi sawit yang lestari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V, lakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo).

Nota kesepahaman itu diatandatangani langsung oleh Dirut PTPN V Jatmiko K. Santosa bersama dengan Ketua Umum Apkasindo, Gulat Medali Emas Manurung.

Penandatangan nota kesepahaman atau MoU itut merupakan tindak-lanjut dalam pelaksanaan program Sawit untuk Rakyat yang dicanangkan pemerintah dan program BUMN Sawit Rakyat yang diinisiasi PTPN V pada April lalu.

Oleh karena itu melalui kerjasama antara kedua belah pihak tersebut, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kebun sawit rakyat melalui kerjasama kemitraan, SDM, Kelembagaan pekebun dan percepatan pelaksanaan program peremajaan kelapa sawit rakyat.

Menurut Direktur Utama PTPN V, Jatmiko K. Santosa kepada wartawan, Sabtu (27/7/2019) sejak awal berdiri, PTPN V memang disiapkan untuk bermitra dengan petani.

Karena itu Perseroan sangat berkepentingan dalam mendorong produktivitas sawit rakyat dengan menginisiasi program BUMN untuk Sawit Rakyat yang menggandeng berbagai pihak.

"Di antaranya seperti Himbara, Pemerintah Daerah, hingga BPDPKS dalam upaya mewujudkan sawit rakyat swadaya secara ekonomi dan terjadinya peningkatan kesejahteraan petani," ujar Jatmiko.

Untuk itu kata Jatmiko pihaknya menyambut baik kerjasama dengan Apkasindo dalam mendorong program pemerintah menyejahterakan petani melalui peremajaan, peningkatan produktivitas, perbaikan SDM hingga sertifikasi sawit yang lestari.

"Kerjasama dengan Apkasindo ini memiliki nilai strategis karena akan secara langsung berimbas pada perbaikan sawit rakyat. Apalagi saat ini asupan bahan baku sawit perusahaan bersumber kebun inti milik PTPN V sebanyak 50 persen dan sisanya 50 persen berasal dari kebun rakyat," ucap Jatmiko.

Oleh karena itulah tambah Jatmiko perlu adanya peningkatan angka produktifitas sawit rakyat.

Halaman
12
Penulis: Rino Syahril
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved