Bupati Inhil Lepas Pawai Taaruf MTQ Kecamatan Tembilahan Hulu, Inhil

Bupati Inhil menyebut, pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Tembilahan Hulu sejalan dengan program keagamaan Pemkab Inhil.

Bupati Inhil Lepas Pawai Taaruf MTQ Kecamatan Tembilahan Hulu, Inhil
tribun pekanbaru
Bupati Inhil HM Wardan, saat menghadiri pawai taaruf MTQ tingkat Kecamatan Tembilahan Hulu, Sabtu (27/7) sore lalu. 

tribunpekanbaru.com - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan, melepas pawai taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Tembilahan Hulu tahun 2019, yang dipusatkan di Desa Pulau Palas, Sabtu (27/7).

Pawai taaruf MTQ tingkat Kecamatan Tembilahan Hulu diikuti peserta yang berasal dari desa atau kelurahan se-Kecamatan Tembilahan Hulu.

Bupati HM Wardan mengungkapkan, penyelenggaraan MTQ tingkat Kecamatan Tembilahan Hulu telah dapat disejajarkan dengan MTQ pada tingkat Kabupaten Inhil.

"Ini dapat dilihat dari sisi persiapannya. Ornamen dan pewarnaan tampak cukup baik. Peserta juga cukup ramai dan antusias," kata Wardan dalam sambutannya.

Dia menuturkan, pawai taaruf MTQ tingkat Kecamatan Tembilahan Hulu yang dilaksanakan, telah memberikan warna yang begitu penting dalam Islam. Selain membuat meriah, juga diharapkan menjadi sarana yang sarat dengan syiar Islam.

"Kami selaku Pemerintah Kabupaten Inhil menyambut baik kegiatan ini. Diharapkan pawai taaruf ini jadi sarana yang sarat dengan syiar Islam yang memperkuat ukhuwah islamiyah antarkomponen masyarakat Inhil, khususnya Tembilahan Hulu," tuturnya.

Wardan menyebut, esensi MTQ di tingkat Kecamatan Tembilahan Hulu adalah terbangunnya persatuan dan kesatuan masyarakat, karena diawali dengan pelaksanaan MTQ di tingkat desa dan kelurahan.

MTQ ini, menurutnya sejalan dengan program keagamaan yang dicanangkan Pemkab Inhil, seperti program Maghrib Mengaji dan program 1 Desa dan Kelurahan 1 Rumah Tahfidz. "Memang inilah yang kita harapkan, dengan mensyiarkan nilai qurani dapat memasyarakatkan Alquran. Nilai Quran bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Sementara itu, Camat Tembilahan Hulu, M Nazar mengatakan, kehadiran Bupati Inhil, HM Wardan pada pawai taaruf yang merupakan bagian dari rangkaian MTQ Kecamatan Tembilahan Hulu, merupakan sebuah kehormatan.

"Kehadiran Bapak Bupati tentunya menjadi pemicu semangat bagi kami semua peserta pawai taaruf dan peserta MTQ, untuk menampilkan yang terbaik," kata Nazar.

Menurutnya, pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Tembilahan Hulu merupakan MTQ pertama yang dilaksanakan pascapemekaran Kecamatan Tembilahan Hulu dari Kecamatan Induk, Tembilahan.

MTQ Kecamatan Tembilahan Hulu ini, menurut Nazar, diharapkan dapat menjadi penggerak roda perekonomian, dalam hal ini ekonomi Islam yang memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan masyarakat khususnya masyarakat Tembilahan Hulu.

Di samping pawai taaruf, dalam perhelatan keagamaan MTQ tingkat kecamatan ini juga digelar bazar. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved