Hanya Atlet Berpotensi Medali yang Akan Dikirim PABBSI Riau ke Pra PON Bulan Depan

KONI Riau sudah memutuskan membatasi pengiriman atlet PABBSI ke Pra PON, dengan alasan anggaran yang tidak memadai.

Hanya Atlet Berpotensi Medali yang Akan Dikirim PABBSI Riau ke Pra PON Bulan Depan
Antara/Puspa Perwitasari
Cabor PABBSI Riau yaitu angkat besi, berat, dan binaraga, hanya akan mengirim atlet berpotensi medali ke Pra PON. 

tribunpekanbaru.com - Pengprov Persatuan Angkat Berat/Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Riau, sudah menyerahkan data atlet yang akan tampil di Pra PON. Bahkan pengurus sudah menggelar pertemuan dengan KONI Riau terkait keberangkatan para atlet tersebut.

Namun hasilnya tidak sesuai harapan. Sekum PABBSI Riau, Ihsan Fitra mengatakan, tiga cabang olahraga yang ada di PABBSI yaitu angkat berat, besi, dan binaraga, tidak bisa mengirimkan atlet full tim ke Pra PON.

"KONI sudah menetapkan kuotanya masing masing, disesuaikan anggaran. Kuota yang ditetapkan sudah termasuk pelatih dan ofisial," sebut Ihsan kepada Tribun, Senin (29/7).

Dijelaskan, khusus untuk angkat berat, KONI hanya mengakomodir 16 orang sudah termasuk atlet, pelatih, dan ofisial. Artinya, jatah atlet paling banyak hanya 14 orang dan pelatih 2 orang. Padahal untuk full tim pada angkat berat ini ada 15 kelas putra-putri.

"Meski kuota 16 orang ini sudah pasti, untuk jumlah atlet dan pelatih yang diberangkatkan akan dibahas jelang keberangkatan," sebutnya.

Kuota lebih sedikit diberikan untuk angkat besi. KONI Riau hanya memberi jatah 8 orang, sudah termasuk atlet, pelatih, dan ofisial. Padahal untuk full tim, angkat besi ada 14 kelas putra-putri.

"Intinya kita di PABBSI terserah mau memberangkatkan berapa atlet. KONI hanya mengakomodir 8 orang," terang Ihsan.

Karena sudah ditetapkan, maka PABBSI Riau hanya akan mengirim atlet berpotensi meraih medali. Waktu yang masih tersisa jelang Pra PON, jajaran pelatih akan meningkatkan latihan para atlet jika tidak ada Training Camp (TC) dari KONI Riau.

Pra PON cabor PABBSI akan digelar di GOR Pajajaran Bandung, pada 17-29 Agustus mendatang. Pembagiannya, 17-19 Agustus pertandingan binaraga, 19-24 Agustus pertandingan angkat besi, dan pada 24-29 Agustus pertandingan angkat berat. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved