Pekanbaru

Mata Terdakwa Kasus Narkoba Berkaca-Kaca Dengar Vonis Seumur Hidup dari Hakim PN Pekanbaru

Wajah pria berkaca mata serta berkopiah hitam ini terlihat tegang, bak harap-harap cemas menunggu detik-detik pembacaan vonis.

Tribun Pekanbaru/Rizky Armanda
Syamsuddin, terdakwa kasus kepemilikan narkoba dengan berat total 98 kg saat menjalani sidang dengan agenda pembacaan vonis di PN Pekanbaru, Senin (29/7/2019). 

Mata Terdakwa Kasus Narkoba Berkaca-Kaca Dengar Vonis Seumur Hidup dari Hakim PN Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Syamsuddin (49), terdakwa kasus kepemilikan narkotika jenis sabu dan ekstasi seberat 98 Kg menjalani sidang dengan agenda pembacaan vonis di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Senin (29/7/2019).

Syamsudin yang mengenakan baju putih dibalut dengan rompi oranye ini, duduk dihadapan majelis hakim yang diketuai Nurul Hidayah.

Wajah pria berkaca mata serta berkopiah hitam ini terlihat tegang, bak harap-harap cemas menunggu detik-detik pembacaan vonis. Kedua tangannya digenggam ke depan.

Baca: Kades di Inhu Riau yang Kedapatan Simpan Narkoba di Dompet Kini Terancam Diberhentikan

Pasalnya, dalam sidang sebelumnya yakni dalam agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Syamsudddin dituntut hukuman mati. Dia juga sudah mengajukan pembelaan atau pledoi pada sidang berikutnya.

Sementara beberapa personel kepolisian bersenjata, tampak berjaga-jaga. Ada yang di dalam, ada juga di luar ruang sidang.

Alhasil, majelis hakim pun memvonis Syamsuddin (49) dengan penjara seumur hidup karena terbukti memiliki 98 kilogram (Kg) narkoba jenis sabu-sabu dan pil ekstasi.

Syamsudin terbukti bersalah melanggar Pasal 114 ayat 2 jo Pasal 132 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Menyatakan terdakwa Syamsuddin bersalah melakukan tindak pidana narkotika dan menjatuhkan hukuman seumur hidup," ujar hakim ketua, Nurul Hidayah, dalam pembacaan amar putusan.

Hal yang memberatkan hukuman, perbuatan Syamsuddin dinilai tidak mendukung upaya pemerintah dalam memberantas peredaran narkoba.

Halaman
123
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved