Breaking News:

Berita Riau

Negara Rugi Rp 316 Juta,Diduga Korupsi Dana Desa,Mantan Kades di Kampar Riau Dibekuk di Purwokerto

Mantan Kades Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Minggu (28/7/2019) sore di kampung halamannya, di Purwokerto Jawa Tengah.

Penulis: Ikhwanul Rubby | Editor: Nurul Qomariah
Polres Kampar
Unit Tipikor Satreskrim Polres Kampar tangkap mantan Kades Gerbang Sari Kecamatan Tapung Hilir, Minggu (28/7/2019) sore. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Unit Tipikor Satreskrim Polres Kampar mengamankan MI (50), mantan Kades Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Minggu (28/7/2019) sore di kampung halamannya, di Purwokerto Jawa Tengah.

Pria paruh baya ini ditangkap karena dugaan melakukan tindak pidana korupsi penyalahgunaan wewenang dalam jabatan terhadap APBDes tahun anggaran 2016.

Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira, Senin (29/7/2019) membenarkan tentang adanya penangkapan tersebut.

Berdasarkan penyelidikan kepolisian, perbuatan tersangka IM telah menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 316 juta.

MI akan dijerat dengan Pasal 2 dan 3 UU RI nomor 31 tahun 1999, sebagaimana telah diubah dengan UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pada tahun 2016 Desa Gerbang Sari menerima Dana Desa (DD) yang berasal dari APBN tahun 2016 sebesar Rp 616.644.000 dan Anggaran Dana Desa (ADD) senilai Rp 385.389.300.

Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan fisik dan nonfisik. Berdasarkan penelusuran pihak kepolisian, setelah dana tersebut dicairkan ternyata ada kegiatan yang bersifat fiktif dan tidak terealisasikan, sehingga negara mengalami kerugian sebesar Rp 316.031.000.

"Penyidik kita dari Unit Tipikor Polres Kampar juga telah mengantongi barang bukti berupa dokumen kegiatan pelaksanaan APBDes tahun anggaran 2016, buku tabungan Simpeda dan print out rekening koran," jelasnya.

Berdasarkan sejumlah bukti tersebut, Kapolres Kampar menuturkan pada Hari Sabtu (27/7/2019), tim yang dipimpin Kanit IV Polres Kampar Iptu Charles Nainggolan bersama Unit Tipikor berangkat dari Pekanbaru menuju Jakarta.

Lalu melanjutkan perjalanan melalui jalan darat menuju Purwokerto, Provinsi Jawa Tengah.

Penangkapan dilakukan tim terhadap tersangka dengan berkoordinasi dengan Polsek Kemranjen dan Polsek Kroya.

Tersangka hingga Senin kemarin masih dalam perjalanan menuju Polres Kampar bersama anggota Unit Tipikor yang menangkapnya dari wilayah Purwokerto Jawa Tengah. (Tribunpekanbaru.com//ikhwanul rubby)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved