Targetkan Jadi Sentra Ikan, PT PMBN Bantu Bibit Ikan dan Kolam Bioflok di Pelalawan

PT Pusaka Megah Bumi Nusantara (PMBN) menyalurkan bantuan program CSR berupa bibit ikan dan kolam bioflok di Desa Kiap Jaya.

Targetkan Jadi Sentra Ikan, PT PMBN Bantu Bibit Ikan dan Kolam Bioflok di Pelalawan
foto/isitmewa
Kadis Perikanan dan Kalautan Pelalawan Ir Tengku Wahidudin melepaskan bibit ikan nila bantuan CSR PT PMBN di Dusun Pesawoan Desa Kiap Jaya Kecamatan, Bandar Sei Kijang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALANKERINCI - PT Pusaka Megah Bumi Nusantara (PMBN), perusahaan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau merealisasikan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Kali ini program bantuan itu di Dusun Pesawoan Desa Kiap Jaya Kecamatan, Bandar Sei Kijang, Kabupaten Pelalawan.

Bantuan yang disalurkan adalah bibit ikan nila sebanyak 800 ekor. Kemudia kolam bioflok 4 kolam, pakan ikan sebanyak 120 kg. Serta peralatan lainnya, seperti jaring dan aerator.

“Kami berada di Desa Kiap Jaya ingin berperan serta dalam hal pembangunan ekonomi dengan memberikan bantuan sarana memberikan bantuan ternak ikan air tawar. Berupa kolam terpal (bioflok) sebanyak empat kolam," ujar Welly Pardede, Head Sustainability Operation & CSR PT PMBN, Senin (29/7/2019).

Dalam pelaksanaan program CSR, pihak perusahaan selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan dinas terkait di pemerintah daerah. Khususnya bidang ternak ikan.

“Kami berharap bimbingan teknis budidaya ikan diberikan langsung oleh dinas kepada penerima program,” imbuhnya.

Untuk ternak ikan sistem bioflok (terpal) ini merupakan pengembangan teknologi perikananan, menyiasati keterbatasan tempat untuk membuat kolam gali.

Sehingga memungkinkan petani dapat lebih fokus dari segi kesehatan kolam dan perhitungan sisi ekonominya.

Lebih lanjut Welly mengatakan, ternak ikan sistem bioflok (terpal) akan menjadi proyek percontohan. Ketika berhasil akan dapat ditiru oleh masyarakat lainnya di daerah tersebut.

"Jika keberadaan kolam semakin banyak maka tidak mustahil program yang dicanangkan pemerintah dapat diwujudkan. Dan desa-desa tersebut menjadi sentra ikan air tawar di Kabupaten Pelalawan," sebutnya.

Halaman
12
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved