Umur Calon Dirut Perusda Rohul Maksimal 55 Tahun

Proses seleksi calon direktur dan calon pengawas Perusahaan Daerah (Perusda) Rokan Hulu kini sudah sampai pada proses Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK

Umur Calon Dirut Perusda Rohul Maksimal 55 Tahun
TRIBUN PEKANBARU
Calon direktur disela proses Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK), yang dimulai sejak Senin (29/7/2019) lalu dan masih akan berlangsung hingga Rabu (31/7/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Proses seleksi calon direktur dan calon pengawas Perusahaan Daerah (Perusda) Rokan Hulu kini sudah sampai pada proses Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK), yang dimulai sejak Senin (29/7/2019) lalu dan masih akan berlangsung hingga Rabu (31/7/2019) hari ini.

Namun dari 9 calon dirut dan dewan pengawas, ada seorang peserta diketahui memiliki usia yang sudah mencapai 56 tahun 4 bulan.

Artinya sudah melewati batas dari ketentuan yang diatur dalam Permendagri Nomor 54 tahun 2018, pada pasal 37 poin H, dimana pendaftar untuk perusahaan daerah minimal 35 tahun dan maksimal 55 tahun saat mendaftar.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Arrafiqur Rahman selaku tim UKK menyatakan, pihaknya hanya menyelenggarakan proses sebagaimana arahan dan aturan dalam Permandagri nomor 37 tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan dewan pengawas, komisaris, dan direksi badan usaha milik daerah.

Dikatakannya, untuk proses seleksi dan ketentuan persyaratan, sebelumnya telah dilaksanakan oleh pihak tim seleksi, kemudian diserahkan kepada pihak UKK sebanyak 9 nama.

"Kami hanya melaksanakan tahapan sebagaimana aturan dalam Permendagri nomor 37 tahun 2018. Kalau proses administrasi merupakan proses sebelumnya," kata Arrafiqur kepada Tribun, Selasa (30/7/2019).

Arrafiqur juga menyampaikan, pihaknya juga tidak memiliki kewenangan untuk menindaklanjuti hal tersebut, karena hal itu merupakan kewenangan timsel, dan pihaknya hanya menyelenggarakan rangkaian tes sebagimana aturannya.

Dikatakan, dalam 9 peserta tersebut, 3 di antaranya merupakan calon direktur, dan 6 lainnya adalah calon dewan pengawas.

Dia juga menjelaskan, pelaksanaan UKK tersebut meliputi uji psikotes, penulisan karya ilmiah dan presentasi makalah dan wawancara.

"Para peserta juga kita minta untuk membuat power point, kemudian selanjutnya mereka akan kita minta untuk menjelaskan melalui presentasi," jelasnya.

Untuk selanjutnya, pihaknya akan mengirim minimal 3 dan maksimal 5 orang untuk calon direktur dan calon pengawas tersebut. (ale)

Penulis: Alex
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved