Berita Riau

Kelalaian Bisa Picu Kebakaran Lahan, Bupati Rohul Riau Minta Camat dan Kades Lakukan Pencegahan

Sukiman menuturkan, upaya yang telah dilakukan, diantaranya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membakar saat membuka lahan.

Kelalaian Bisa Picu Kebakaran Lahan, Bupati Rohul Riau Minta Camat dan Kades Lakukan Pencegahan
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Bupati Rohul H Sukiman 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman
menghimbau kepada seluruh camat dan kades agar mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla)di kawasan masing- masing, Rabu (31/7/2019).

"Jangan sampai ada musibah asap di Rohul. Kita berupaya keras sampai sekarang ini untuk mencegah agar karhutla tidak ada di Rohul," kata Sukiman usai membuka Bursa Inovasi Desa
Kabupaten Rohul Cluster III tahun 2019 di Kantor Kecamatan Rambah Hilir.

Sukiman menuturkan, upaya yang telah dilakukan, diantaranya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membakar saat membuka lahan ataupun menebang pohon.

Karhutla bisa terjadi karena kelalaian dan ada unsur kesengajaan. Untuk itu penting diberikan pemahaman kepada masyarakat terkait bahaya karhutla.

"Kita tidak mau ada bencana kabut asap di Rohul, karena akan banyak kerugian yang kita alami," harapnya.

Sementara, Polres Rohul menggelar rapat koordinasi pencegahan terjadinya kasus karhutla di ruang rapat Tribrata.

Kapolres Rohul AKBP Muhammad Hasyim Risahondua SIK, MSi yang diwakili Kabag Sumda Kompol Muslim Hidayat mengungkapkan, rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk menyatukan tekad dalam menanggulangi karhutla.

"Rapat ini kita laksanakan dalam rangka menyamakan persepsi, dan menyatukan tekad untuk menanggulangi terjadinya karhutla, sehingga bisa dicegah di Rohul," sebutnya.

Kompol Muslim Hidayat mengharapkan kepada para perusahaan yang ada di Rohul, yang memiliki embung dan kanal bloking agar dicek apakah masih baik atau sudah mengalami pendangkalan. Diimbau juga tiap perusahaan agar dapat membentuk masyarakat peduli api.

"Embung dan kanal bloking tolong dicek serta pelatihan cara pemadaman harus dilaksanakan di perusahaan. Kita berharap, perusahaan sudah mempunyai masyarakat peduli api. Mari kita bersama-sama berkerja sama untuk Rohul Zero titik api," imbuhnya.

Senada Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin SIP yang diwakili Pabung Rohul Mayor Inf Reflis Jon menjelaskan, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas sudah sering melaksanakan patroli karhutla serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Sebenarnya, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas sudah sering melaksanakan patroli karhutla dan menlakukan sosialisasi kepada masyarakat secara bersama-sama, dan kita akan terus meningkatkan itu," sebutnya.

Mayor Inf Reflis Jon juga mengimbau kepada camat dan kades, untuk dapat mendata daerah yang diduga sering terjadi karhutla dan menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dan hutan. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved