Berita Riau

Sekali Siram 4.500 Liter, Helikopter 60 Kali Jatuhkan Air Padamkan Karhutla di Bengkalis Riau

Sejak Rabu pagi hingga siang, helikopter dari Lanud Pekanbaru sudah melakukan water bombing 60 kali. Jumlah air satu kali water bombing 4.500 liter.

Sekali Siram 4.500 Liter, Helikopter 60 Kali Jatuhkan Air Padamkan Karhutla di Bengkalis Riau
ISTIMEWA /BPBD RUPAT
Pemadam karhutla di Bengkalis dengan helikopter water bombing. 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Pasiran, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau diperkirakan mencapai 5 hektare.

Tim Satgas gabungan TNI dan Polri serta BPBD dan Damkar Bengkalis masih melakukan upaya pendinginan di lokasi kebakaran, Rabu (31/7/2019) siang.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bengkalis Tajul Mudaris mengungkapkan, selain upaya pemadaman melalui jalur darat, Tim BPBD Provinsi Riau juga membantu dengan pemadaman menggunakan helikopter water bombing.

"Helikopter dari Satgas Udara juga membantu pemadaman dengan menggunakan water bombing," ungkap Tajul.

Sejak Rabu pagi hingga siang, helikopter dari Lanud Pekanbaru sudah melakukan water bombing sebanyak 60 kali. Dengan jumlah air satu kali water bombing sebanyak 4.500 liter.

"Siang tadi tim udara sempat istirahat, kemudian akan melanjutkan lagi hingga sore nanti. Bantuan tim Satgas udara ini memang baru hari ini dimulai, sesuai permintaan kita kemarin," urainya.

Tajul mengatakan, sampai saat ini petugas gabungan darat berjibaku sejak pagi tadi membagi beberapa titik untuk melakukan pemblokiran lahan agar tidak meluas.

Menurut dia, kebakaran yang terjadi di perbatasan antara Kecamatan Bengkalis dan Bantan ini kondisi kepala api sudah tidak terlihat. Namun asap masih menjalar di bawah tanah, sehingga mempersulit upaya pemadaman.

"Ini merupakan hari kelima kita melakukan pendinginan. Api beberapa waktu lalu sudah padam dan kembali muncul lagi di lokasi karhutla. Agar tidak menjalar ke lahan lain dan memperkecil gerak api kita lakukan pendinganan di sekitaran pinggir kepala apinya," terang Tajul.

Menurut dia, sejak beberapa hari ini api terlihat sudah padam, namun terkadang sering muncul lagi secara tidak terduga. Sehingga pihak BPBD Bengkalis bersama tim gabungan TNI dari Koramil Bengkalis, polisi, dan damkar masih melakukan pendinginan.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved