BPBD Inhil Kirim Tim Tambahan Bantu Pemadaman Karhutla di Batang Tuaka dan Tempuling

Pemadaman karhutla di beberapa wilayah di Kabupaten Inhil butuh waktu cukup lama, dan membutuhkan tenaga yang tidak sedikit.

BPBD Inhil Kirim Tim Tambahan Bantu Pemadaman Karhutla di Batang Tuaka dan Tempuling
tribun pekanbaru
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Inhil, Yuspik SH, memimpin doa di Posko BPBD Inhil jelang pemberangkatan tim tambahan untuk memadamkan Karhutla di Desa Sebatu Kecamatan Batang Tuaka, dan Kelurahan Sungai Salak Kecamatan Tempuling, Kamis (1/8). 

tribunpekanbaru.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Karhutla ini terjadi di Desa Sebatu Kecamatan Batang Tuaka, dan Kelurahan Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Tim ini diberangkatkan pada Kamis (1/8) dari Tembilahan.

Dua tim dengan total jumlah personel 19 orang ini, nantinya akan bertugas membantu tim sebelumnya yang sudah lebih dulu berada di dua titik lokasi tersebut untuk memadamkan karhutla yang terjadi.

Sebelumnya, pada Rabu (31/7) lalu, telah ada TRC BPBD Inhil yang dikerahkan untuk memadamkan karhutla di dua lokasi tersebut. Namun karhutla belum bisa diatasi sepenuhnya, sehingga BPBD Inhil harus mengirim tim tambahan dari Posko Karhutla di Tembilahan.

“Kita membawa perlengkapan tim berupa 7 unit roda dua, 2 unit roda empat, dan 2 unit mesin beserta 55 gulung selang. Kita mengganti dua tim yang sebelumnya sudah lebih dulu memadamkan api di sana,” ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Inhil, Yuspik, usai melepas tim.

Tim yang berangkat ke lokasi pertama karhutla di Kelurahan Sungai Salak Kecamatan Tempuling, langsung dipimpin Yuspik. Sedangkan lokasi kedua di Desa Sebatu Kecamatan Batang Tuaka, dipimpin oleh Hendra.

Mengenai total jumlah lahan yang telah terbakar selama pemadaman karhutla yang gencar terjadi dalam sebulan terakhir ini, Yuspik mengaku belum bisa memastikan, karena tim masih berjibaku di lapangan untuk memadamkan api bersama unsur lainnya.

“Belum dihitung luasnya,” tutur Yuspik.

Sebelumnya, pada Senin (29/7) lalu dua regu TRC BPBD Inhil juga telah diberangkatkan memadamkan karhutla di dua lokasi, yaitu di Desa Seberang Pabenaan Kecamatan Reteh, dan Desa Karta Jaya Kecamatan Kempas. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved