Berita Riau

Kesulitan Sumber Air untuk Pendinginan, Damkar dan Satgas Darat Karhutla Bengkalis Riau Bloking Api

Kepala Damkar Bengkalis, Djamaluddin menjelaskan, Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Bengkalis masih melakukan upaya pendinginan di Desa Pasiran.

Kesulitan Sumber Air untuk Pendinginan, Damkar dan Satgas Darat Karhutla Bengkalis Riau Bloking Api
istimewa
Tim Damkar Bengkalis menyiramkan air sebagai upaya pendinginan di lokasi karhutla Desa Pasiran, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau, Kamis (1/8/2019). 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Kepala Damkar Bengkalis, Djamaluddin menjelaskan, Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Bengkalis masih melakukan upaya pendinginan di sekitar lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Desa Pasiran, Kecamatan Bantan, Kamis (1/8/2019).

Tim Damkar Bengkalis dibagi dua titik dalam melakukan uapya pendinginan.

"Satu titik di sekitaran jalan poros baru Bengkalis Bantan dengan 12 personel yang melakukan pendinginan. Sementara satu tim lagi bertugas di Jalan Atika, perbatasan Bantan dan Bengkalis," ungkap Djamaluddin.

Menurut dia, sampai ini kepala api di titik yang dilakukan pendinginan tidak terlihat, baik di Jalan Atika maupun titik di sekitar jalan poros Bengkalis-Bantan yang baru.

"Kemungkinan api berada di tengah. Kalau kita yang melakukan pemblokingan tidak melihat kepala apinya. Kemungkinan, kepala api berada di tengah, di mana pemadaman di sana di lakukan menggunakan water bombing," ulasnya.

Dijelaskan Djamaluddin, upaya pendinginan di lapangan terkendala dengan kondisi sumber air yang jauh dari titik lahan yang disiram untuk pendinginan. Sumber air yang didapat merupakan air dari parit kecil, bahkan air di dalamnya tidak berjalan.

Sejauh ini luas lahan yang terbakar tidak mengalami pertambahan, karena kepala api tidak keluar dari bloking yang dilakukan petugas.

"Jadi api yang menyala hanya di dalam saja, tidak menyebar keluar karena sudah kita bloking bersama Tim Satgas Karhutla lain dari BPBD, TNI dan Polri," ungkap Djamaluddin.

Selain di Desa Pasiran, dari data BPBD Bengkalis, api juga sempat muncul sekitaran Kelapa Sari Desa Kelapapati. Api sempat muncul pada sore kemarin, namun berdasarkan keterangan
Djamaluddin, kebakaran tidak berlangsung lama dan dapat dipadamkan oleh petugas yang diturunkan ke lokasi.

Karhutla juga ditemukan terjadi di Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan pada Rabu 31/7) sore. Luas lahan terbakar diperkirakan 1,5 hektare. Saat ini api sudah berhasil dipadamkan petugas. (Tribunpekanbaru.com/ muhammad natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved