Satpol PP Pekanbaru Incar Sembilan Reklame Bando Jalan karena Melanggar Permen PU

Iklan reklame jalan tidak mungkin akan diperpanjang izinnya, karena melanggar Permen PU. Karena itu, pemilik diminta segera memotongnya.

Satpol PP Pekanbaru Incar Sembilan Reklame Bando Jalan karena Melanggar Permen PU
tribun pekanbaru
Sebuah bando reklame jalan yang berada di Jalan Riau, Kota Pekanbaru. Satpol PP Kota Pekanbaru berencana menertibkan bando reklame yang melintang di badan jalan. 

tribunpekanbaru.com - Saat ini, bando reklame jalan masih berdiri di sejumlah ruas jalan di Pekanbaru. Satpol PP Kota Pekanbaru mencatat, setidaknya ada sembilan bando reklame yang melintang di ruas Jalan Kota Pekanbaru.

Informasi didapat Tribun, bando reklame tersebut tersebar di kawasan Jalan Kaharuddin Nasution, Jalan Tuanku Tambusai, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Riau, Jalan Imam Munandar, hingga Jalan Yos Sudarso.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Agus Pramono, berencana melakukan menertibkan pada sembilan bando reklame jalan tersebut. Ia bakal berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Pekambaru terkait rencana penertiban itu.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU) Nomor 20 tahun 2010 tentang pedoman pemanfaatan dan penggunaan bagian jalan, juga melarang adanya reklame bando jalan. Regulasi ini memuat bahwa keberadaan iklan bando jalan sudah tidak diperbolehkan lagi.

"Mudah-mudahan pemilik bando tadi bisa memotong sendiri. Sudahlah, dipotong sendiri saja. Karena Peraturan Menteri juga tidak membolehkan," papar Agus, Kamis (1/8).

Pengelola bando reklame jalan ini diimbau untuk memotong sendiri bando tersebut. Karena menurut Agus, keberadaan bando reklame jalan ini juga sudah tidak mungkin diperpanjang izinnya.

Agus menyebut, pihaknya bakal turun tangan memotong bando reklame jalan tersebut, bila pemilik tak kunjung memotong bando reklame jalan ini.

Sebelumnya, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, sudah menginstruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, agar melakukan penertiban secara optimal terhadap tiang reklame dan reklame bando jalan.

Ia menegaskan tidak akan tebang pilih dalam melakukan penertiban tiang reklame di Pekanbaru. Semua tiang reklame yang tidak memenuhi ketentuan harus ditertibkan. Bahkan tiang reklame berizin juga harus ditata posisinya agar tidak dipasang di sembarang tempat.

Diketahui, memang ada sejumlah tiang reklame berizin yang posisinya tidak sesuai lokasi seharusnya. Tiang reklame seperti ini juga harus menjadi sasaran penertiban.

Halaman
12
Penulis: Fernando
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved